Tari Mandau, Tarian Tradisional Dari Kalimantan Tengah

Advertisement

Advertisement
Advertisement

Tari Mandau merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah. Nama tarian ini di ambil dari properti yang dipakai, yaitu Mandau. Mandau sendiri merupakan senjata tradisional khas suku Dayak yang berbentuk parang atau pedang.

Daftar Isi

Pertunjukan Tari Mandau

Di dalam pementasannya, gerakan pada tarian ini lebih mementingkan atraksi serta seni tari yang sangat indah dalam memainkan senjata Mandau dan Tameng. Berbeda halnya dengan Tari Kinyah Mandau yang lebih mementingkan unsur teatrikal dan juga seni perang di dalam pertunjukannya, pada Tari Mandau ini tidak jarang mempertontonkan adegan yang sangat berbahaya, seperti halnya mengayunkan dan menggigit senjata Mandau yang sangat tajam. Tetapi semua itu tidak berbahaya bagi para penari, sebab sebelum melakukan pertunjukan mereka telah melakukan ritual khusus supaya dalam pertunjukannya dapat berjalan aman. Dan tentunya mereka semua telah terlatih untuk melakukannya.

Kostum Tari Mandau

Tari Mandau umumnya tidak hanya dimainkan oleh para penari pria saja, namun juga oleh wanita. Kostum yang dipakai yaitu rompi kulit dengan corak khas pakaian tradisional suku dayak dengan berbagai macam asesoris seperti halnya penutup kepala berbentuk burung tingang, kalung, gelang, dan tattoo yang mewarnai tubuh mereka. Selain itu, properti lain yang harus dipakai, yakni senjata Mandau dan talawang. Talawang sendiri merupakan perisai atau tameng tradisional khas suku dayak.

Instrumen Tari Mandau

Dalam pertunjukannya, Tari Mandau ini akan diiringi oleh alunan suara yang sangat merdu serta menghentak dari alat musik tradisional khas suku dayak, yakni gandang dan gerantung. Gerantug sendiri merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar logam, bentuknya seperti alat musik tradisional gamelan dari jawa. Menurut cerita rakyat, alat musik gerantung ini dahulunya diturunkan langsung dari khayangan untuk alat komunikasi kepada para nenek moyang. Alunan musik tersebut seakan-akan menyatu dengan gerakan yang dipentaskan oleh para penari sehingga tarian tersebut terlihat sungguh menarik dan menakjubkan.

Perkembangan Tari Mandau

Dalam perkembangannya, Tari Mandau kerap menghiasi panggung diberbagai acara, seperti acara adat daerah, festival budaya, upacara penyambutan, dan acara lainnya. Dan hebatnya lagi, tarian ini juga kerap di tampilkan diberbagai acara festival kebudayaan internasional untuk mewakili kebudayaan etnik khas Indonesia. Di Provinsi Kalimantan Tengah sendiri, tarian tradisional ini masih terus dikembangkan dan dilestarikan oleh banyak sanggar tari untuk melestarikannya.
Advertisement