Tari Alang Babega, Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement

Tari Alang Babega merupakan tarian tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Tarian ini menggambarkan suatu hal yang sederhana, dimana gerakannya meniru dari gerakan terbang burung elang ketika diudara yang sedang bersiap menukik untuk menyambar mangsanya.

Gerakannya yang meniru alam disekitar menggambarkan apresiasi terhadap alam. Meskipun Tari Alang Babega menggambarkan suatu hal yang sangat sederhana, tetapi tarian ini merupakan salah satu kekayaan kebudayaan tarian tradisional Sumatera Barat yang sangat menakjubkan.

Dalam pertunjukannya, tarian ini akan ditarikan 2 sampai 6 orang para penari atau bahkan bisa lebih. Hal tersebut tentunya tergantung dengan formasi dan juga jumlah para penari yang tersedia dan umumnya menyesuaikan koreografinya. Tari Alang Babega ini biasanya dapat ditarikan oleh pria maupun wanita dan dapat juga ditarikan secara bersama-sama baik itu pria dan wanita.

Masing-masing penari tersebut akan memakai pakaian yang meriah dan melakukan gerakan-gerakan yang sangat dinamis sehingga akan menimbulkan kesan yang sangat menarik, Tari Alang Babega ini juga bisa dibilang jenis tarian yang lebih kontemporer dibandingkan dengan tari piring.

Untuk gerakannya, para penari akan menari menggambarkan gerakan terbang burung elang yang sedang berada diudara sehingga gerakan yang ditimbulkan lebih dominan melibatkan rentangan tangan dan juga menukik dengan meniru dari gerakann sayap burung elang. Pada awal mula gerakannya, gerakan para penari seakan-akan terbang melayang, lalu mengeluarkan gerakan yang lebih dinamis sampai gerakan tersebut menyerupai gerakan burung elang yang sedang menyambar anak ayam yang berada di tanah.

Dalam perkembangnya, Tari Alang Babega saat ini kerap dijadikan salah satu jenis tarian yang diajarkan kepada anak-anak sekolah atau diberbagai kampus di Provinsi Sumatera Barat. Gerakannya yang menyerupai burung elang sedang terbang membuat anak-anak senang untuk memelajarinya.

Tari Alang Babega merupakan salah satu tarian tradisional yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Provinsi Sumatera Barat, sehingga tidak heran jika saat ini Tari Alang Babega kerap ditampilkan diberbagai acara pentas baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri, seperti halnya di acara kebudayaan.
Advertisement