10 Wisata Di Turki Yang Menarik

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement


Turki merupakan salah satu Negara timur tengah yang banyak menawarkan tempat wisata yang begitu memukau bagi para wisatawannya. Tempat wisata di Negara Turki tidak hanya indah, akan tetapi objek wisatanya banyak sekali yang menyimpan sejarah, khususnya bagi umat beragama islam.

Islam sendiri pernah Berjaya di kota tempat kelahiran penyair ternama, yaitu Jalaludin Rumi ini. Tidak heran, jika Negara Turki sering dijadikan sebagai tujuan wisata orang islam ketika mereka selesai dari menjalankan ibadah umroh. Dari situ mereka dapat menelisik keindahan dari Negara Turki sambil menguak sejarah agama islam yang tersimpan rapi di Negara ini. 

Tetapi, tidak hanya wisatawan yang beragama islam saja yang senang berkunjung ke turki ini, banyak sekali para wisatawan yang berasal dari berbagai belahan dunia yang tak sabar ingin melihat langsung keindahan dari Negara Turki. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di turki. Inilah informasi selengkapnya.

1. Pamukkale

Pemandangan Pamukkale

Pamukkale adalah satu fenomena alam yang terdapat di turki dimana ada batu-batuan putih yang jika dilihat secara sekilas bentuknya seperti istana kapas. Kenapa seperti istana kapas, karena warnanya yang putih sehingga membuat orang gemas untuk menginjak-menginjaknya. Sebenarnya, batu-batuan putih ini tersusun atas mineral kalsium yang baik untuk kesehatan. Sehingga, anda tidak usah heran jika terdapat banyak kolam-kolam yang ada di pamukkale. Salah satu dari kolam pemandian yang digunakan untuk pengobatan yang ternama adalah kolam pemandian Hierapolis.

2. Konya

Tarian Whirling Dervishes di Konya

Tempat wisata ini biasanya digunakan untuk melakukan wisata religi turki, yang salah satunya adalah konya. Di tempat ini anda dapat melihat tarian khas turki yang telah terkenal di seluruh dunia. Tarian yang bernama whirling dervishes sebenarnya bukan tarian semata, tetapi sebuah gerakan tarian yang dapat dibilang doa dan dzikir pada Tuhan yang Maha Esa. Ketika memasuki konya, anda akan dibuat takjub dikarenakan bangunannya yang indah, dengan desain yang begitu mendetail sehingga tampak begitu elegan.

3. Topkapi Palace

Topkapi Palace Tampak Depan

Topkapi Palace merupakan tempat wisata di turki yang tak pernah lupa dikunjungi para wisatawan. Tempat ini dahulunya adalah tempat tinggal kaisar ottoman saat masih menguasai turki. Topkapi palace adalah bangunan istana yang begitu rapi. Meskipun saat ini kaisar ottoman sudah tiada, namun bangunannya ini masih berdiri kokoh sampai saat ini. Anda pun dapat mengetahui peninggalan sejarah ottoman saat anda memasuki topkapi palace ini. Desain yang indah dengan warna biru sebagai warna dominasinya. Keindahan dari peninggalan sejarahnya inilah yang membuat istana ini tak pernah sepi dari kunjungan pengunjung.

4. Blue Mosque

Blue Mosque

Blue Mosque merupakan salah satu tanda bahwa agama islam memang pernah Berjaya di Negara Turki ini. Masjid ini tidak hanya menenangkan anda ketika anda sedang memanjatkan doa pada Sang pencipta, akan tetapi desain masjid ini akan membuat anda takjub sehingga betah berlama-lama di dalamnya. Blue Mosque ini memiliki kubah yang bertumpuk dan menara yang besar. Kerennya lagi, masjid ini menjadikan warna biru sebagai dominasinya. Pada saat malam tiba, lampu masjid yang berwarna biru ini akan membuat gagah blue mosque tersebut.

5. Aya Sophia

Aya Sophia Tampak di Dalam

Bukan turki jika tidak menyimpan banyak sejarah yang fenomenal. Banyak lokasi wisata di Turki yang menjadi saksi bisu atas perebutan kekuasaan antara orang Kristen dan juga orang islam. Ada yang dari gereja berubah menjadi masjid, begitu juga sebaliknya. Salah satu tempat di Negara Turki yang dulunya sebuah gereja dan saat ini menjadi sebuah masjid adalah Aya Sophia. Aya Sophia ini dulunya adalah sebuah Gereja, Namun ketika ottoman berkuasa, gereja ini beralih fungsi menjadi tempat beribadatan umat muslim saat ini.

6. Hagia Sophia

Hagia Sophia Tampak di Dalam

Hagia Sophia merupakan gereja orthodox yang dibangun pada masa Byzantium. Seperti Aya Sophia, saat kaisar ottoman berkuasa Hagia Sophia ini yang awalnya gereja kemudian beralih fungsi menjadi tempat beribadatan agama islma. Namun, itu pun tidak berlangsung lama, karena saat pemerintahan kemal Attatuk, gereja yang telah diubah menjadi masjid ini tidak lagi difungsikan dan akhirnya hanya menjadi sebuah museum yang sering sekali dikunjungi oleh orang yang penasaran dengan dua desain bangunannya yang berbeda.

7. Grand Bazaar

Pusat Perbelanjaan di Turki

Grand bazaar adalah pusat perbelanjaan yang tertua dan terbesar yang ada di turki. Kawasan perbelanjaan ini menjual berbagai barang, mulai dari pakaian, kerajinan kulit dan sebagainya. Pengunjung di grand bazaar ini tentunya bukan hanya orang lokal saja, melainkan juga banyak juga para wisatawan dari mancanegara yang mencari oleh-oleh. Bagi anda yang hobi berbelanja, pastikan anda mengunjungi Garnd Bazaar ini supaya hasrat shopping anda dapat terpenuhi.

8. Safranbolu

Safranbolu 

Safranbolu dapat dibilang kota tua, karena bangunan di daerah ini masih didesain bergaya bangunan pada saat kekaisaran ottoman berkuasa. Gaya rumahnya pun cukup unik, rumah-rumah dibuat dengan rangka kayu serta dindingnya dicat dengan warna putih. Gaya dari kotanya juga masih terdapat gang-gang kecil layaknya tatanan kota di eropa. Apalagi rumah yang unik ini dibuat di atas tanah perbukitan, sehingga membuat safranbolu sangat indah.

9. Goreme

Gorome di Turki

Ketika anda melihat bangunan yang sering sekali diceritakan di dalam dongeng-dongeng, pastilah anda akan merasa terpukau karena bangunan ini terbilang sangat unik. Mungkin, sebagian dari anda akan mengira bahwa bangunan tersebut hanya ada dalam mimpi saja. Tetapi, jika anda berkunjung ke Turki, anda dapat menemukan tempat wisata yang menyuguhkan bangunan impian dengan bentuk bangunan dari batu-batu yang dipahat, sehingga akan berbentuk seperti gua. Namun, jika anda merasa tidak mau capek berjalan kaki, anda dapat menikmati negeri fantasi tersebut dengan terbang menggunakan fasilitas yang telah disediakan. Atau, anda juga dapat memilih fasilitas skuter, sehingga anda dapat berkeliling bangunan batu-batuan unik dan cantik ini.

10. Gunung Nemrut

Patung Dewa Yunani

Di gunung nemrut, anda dapat melihat berbagai macam patung dewa-dewa yunani yang pada dahulunya dibuat dimasa raja Antiochus, yaitu raja yang berkuasa sebelum masehi. Raja tersebut membangun sebuah patung-patung dan meletakkannya menyebar di gunung, sehingga anda dapat melihatnya tampak unik dan juga cantik. Tidak ada salahnya kan jika anda menjadikan tempat ini untuk berfoto bersama keluarga. Dari gunung ini, anda juga dapat melihat sunrise yang indah.

No comments: