Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Angklung merupakan alat musik yang berasal dari indonesia dan telah dikenal di seluruh dunia, bahkan tidak jarang warga negara asing ingin belajar untuk memainkan alat musik angklung ini.

Layaknya alat musik lainnya, alat musik angklung ini juga memiliki kunci-kunci nada. Hanya saja yang membedakannya adalah material penghasil suara, yaitu terbuat dari bambu.

Cara bermain alat musik angklung pun unik dan berbeda dengan alat musik lain. Angklung ini memiliki kekhasan dalam memainkannya, yaitu dengan cara menggetarkannya, berbeda dengan alat musik lainnya yang menghasilkan suara dengan hanya dipetik atau dipukul.

Cara untuk memegang dan menggetarkan angklung pun tidak sembarangan, ada teknik khusus yang harus anda perhatikan, jika anda salah dalam teknik memegangnya, bisa-bisa angklung yang anda mainkan tidak akan mengeluarkan bunyi yang harmoni. 

Berikut ini adalah teknik memegang dan menggetarkan alat musik tradisional angklung dengan benar.

Daftar Isi

1. Mengatur Posisi Angklung

Posisi alat musik angklung yang benar adalah tabung yang tertinggi berada di bagian kanan anda, sedangkan pada tabung yang kecil berada di bagian kiri anda. Pastikan posisi dari angklung yang anda mainkan lurus dan tidak miring.

2. Mengatur Posisi Tangan

Posisi yang benar dalam memainkan angklung adalah tangan bagian kiri anda memegang angklung tepat pada bagian simpul atas angklung, sedangkan pada tangan kanan memegang angklung di bagian bawahnya. Usahakan kedua tangan tetap lurus.

3. Menggetarkan Angklung

Tangan kanan anda bertugas untuk menggetarkan angklung, sedangkan pada tangan kiri hanya memegang angklung saja dan tidak menggetarkannya. Lalu gerakkan tangan kanan dari arah kanan ke arah kiri secara berulang, lakukan gerakan getaran tersebut secara cepat dari pergelangan tangan kanan anda.

4. Memegang Angklung Lebih Dari Satu

Apabila anda memegang angklung lebih dari satu. Pastikan angklung yang ukurannya besar anda letakkan berada lebih dekat dengan badan anda. Namun jika ukuran angklungnya lumayan besar, anda dapat memasukkan angklung tersebut ke dalam lengan anda agar lebih mudah dalam memainkannya. jika ukuran angklungnya kecil, anda hanya cukup memegangnya saja dan berikanlah jarak antara kedua angklung tersebut agar kedua angklung tidak saling bersinggungan saat dimainkan.
Advertisement

Setelah anda memahami tentang teknik dalam memegang dan juga menggetarkan angklung. Anda juga dapat memahami langkah-langkah dalam memainkan angklung.

Berikut ini adalah teknik dasar dalam memainkan angklung.

Daftar Isi

1. Teknik Getaran Panjang

Teknik ini merupakan cara memainkan angklung dengan menggerakkan angklung secara panjang sesuai dengan nilai nada yang anda ingin mainkan. Sehingga nada yang dimainkan akan saling sambung menyambung dan tidak akan terputus-putus.

2. Teknik Staccato

Teknik ini merupakan cara memainkan angklung dengan tidak menggetarkannya seperti biasa, namun dengan cara diketok, sehingga akan menghasilkan bunyi angklung yang pendek. Untuk menghasilkan bunyi yang pendek, anda harus sedikit memiringkan posisi dari angklung dan tabung dasar kanan pada angklung dipukulkan ke tangan kanan anda.

3. Teknik Tengkep

Teknik ini merupakan cara memainkan angklung dengan menahan dan menutup tabung kecil sehingga tidak ikut berbunyi. Teknik Tangkep ini digunakan untuk menghasilkan suara dari angklung yang lebih halus.