Gamelan Gender

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Gamelan Gender

Instrumen Gender terdiri dari bilah-bilah metal ditegangkan menggunakan tali di atas bumbung-bumbung resonator. Gender dimainkan dengan tabuh yang berbentuk bulat dan dilingkari lapisan kain dengan tangkai pendek.

Sesuai dengan fungsi dari lagu, wilayah nada, dan juga ukurannya, terdapat dua macam gender yaitu gender barung dan gender panerus.

Gender Barung

Gender Barung
Gender Barung

Gender Barung ini berukuran besar dan beroktaf rendah sampai tengah. Salah satu dari instrumen pemuka, gender barung ini memainkan pola-pola lagu yang berketukan ajeg (cengkok) yang dapat menciptakan suatu tekstur sonoritas yang tebal dan juga menguatkan rasa pIathet gendhing.Beberapa gendhing tersebut mempunyai pembuka yang dimainkan gender barung, gendhing ini dinamakan gendhing gender.

Pada pertunjukan wayang, pemain gender ini mempunyai peran utama yang harus memainkan instrumennya hampir tidak pernah berhenti selama semalam suntuk dalam permainan gendhing, sulukan, dan grimingan.

Gender Panerus

Gender Panerus
Gender Panerus

Gender Panerus berukuran kecil dan beroktaf tengah sampai tinggi. Meskipun instrumen ini tidak harus ada dalam ansambel, kehadirannya akan menambah kekayaan tekstur gamelan. Gender ini dalam memainkan lagunya pada pola lagu ketukan ajeg dan cepat.

No comments: