Inilah 10 Obyek Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi


Aceh adalah provinsi yang berada di paling ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, mulai dari pantai hingga pegunungannya. Setelah mengalami kerusakan akibat bencana tsunami pada tahun 2004, Aceh kembali menata sektor pariwisatanya dengan baik.


Berikut ini 10 tempat wisata di Aceh yang wajib dikunjungi:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang didirikan Sultan Iskandar Muda di tahun 1612 menjelma menjadi ikon provinsi Aceh. Bangunan terutama masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar dan dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah akan terasa dengan adanya kolam yang besar dan pancuran air di depan masjid yang mengingatkan kita pada Taj Mahal di India.

Masjid Raya Baiturrahman menjadi sebuah tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi dikarenakan keindahannya. Situs Huffington Post memasukkan Masjid ini ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia, bahkan Yahoo pun menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah yang ada dunia. Hal tersebut tentu semakin membuat bangga warga Aceh, terutama  Indonesia.

2. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata yang satu ini sayang sekali untuk dilewatkan. Air Terjun Blang Kolam ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Lhokseumawe.

Di wisata air terjun ini anda dapat melihat air terjun kembar setinggi 75 meter yang dikelilingi oleh pohon yang rindang. Di sekitar air terjun blang kolam banyak orang yang bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun atau juga sekedar bersantai di tepiannya.

Jika anda ingin sekali merasakan pengalaman yang berbeda, coba anda datang dengan membawa perlengakapan berkemah. Di air terjun ini, anda dapat berkemah dan menikmati alam bebas.

3. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom ini berada di Desa Suhom, di kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk dapat mencapai tempat wisata ini, Anda diharuskan melewati jalanan naik turun dengan psebuah emandangan pegunungan Paro dan Kulu.

Di dalam perjalanan menuju air terjun ini, anda jangan kaget saat melihat banyak sekali monyet berkeliaran di jalan. Monyet ini biasanya ingin meminta buah-buahan atau makanan ringan kepada pengguna jalan yang lewat.

Air terjun dengan tinggi 50 meter ini dibagi menjadi tiga tingkatan, akan tetapi anda tidak diperbolehkan naik menuju tingkat dua dan tiga demi keselamatan, karena adanya pembangkit listrik bertegangan tinggi.

Walau begitu, wisata ini tetap menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa. Anda dapat berenang di telaga dengan kedalaman dua meter di bawah air terjun atau dapat menemani anak-anak bermain air di kolam renang anak.

Jika anda tidak ingin bermain air, anda dapat bersantai di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati makanan-makanan yang banyak dijual di sekitaran lokasi air terjun.

4. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

Pantai ini sering disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh. Wisata pantai ini berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar.Pantai Lampuuk ini memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putihnya yang lembut dan tebing karang di ujung pantai.
Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan disini, mulai dari berselancar, berjemur, berenang hingga bermain banana boat.

Satu lagi kegiatan yang sangat menarik yang dapat anda lakukan di tempat wisata ini adalah anda dapat melihat upaya pelestarian penyu. Anda dapat ikut melepas tukik ke laut lepas.

Jika belum puas menikmati wisata di pantai ini dalam sehari, anda juga dapat menginap di cottage yang ada di sekitar kawasan pantai. Selain anda dapat lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda juga dapat memuaskan perut dengan aneka sajian makanan disekitar pantai.

5. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga ini berada tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat pantai lhoknga berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Di pantai ini anda dapat bersantai di bawah pepohonan yang rindang atau juga dapat bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai.

Jika anda merasa masih kurang menyenangkan, cobalah anda berselancar di lautnya. Pantai Lhoknga ini memiliki ombak dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter.

Ketika hari beranjak sore, anda jangan pulang dulu. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang cantik di pantai ini. Tempat wisata ini akan semakin ramai pada sore hari, dikarenakan banyak yang ingin melihat pemandangan matahari terbenamnya sambil duduk santai dan menikmati jagung bakar.

6. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue di Sore Hari

Tempat wisata ini hanya berjarak 3 km dari pusat kota Banda Aceh, yaitu tepatnya di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan yang paling sering dilakukan di pantai ini adalah memancing. Jika anda tak membawa alat pancing, tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini ada yang menjual alat pancing.

Jika anda tidak suka memancing? Anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar di laut atau juga duduk santai di tepian pantai sambil menikmati jagung bakar. Dari pantai ini, anda dapat melihat barisan pegunungan yang berada diseberang.

7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah sendiri terletak di Sabang, yaitu tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Kata rubiah sendiri diambil dari nama yang telah tertulis di sebuah nisan yang ada di pulau. Tempat wisata ini sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya ada 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia berada di sini. Jadi siapkan alat menyelam dan snorkeling untuk dapat berenang bersama aneka ikan tropis dan juga bermain terumbu karang warna-warni. Jika anda lupa membawa alat snorkeling, anda dapat menyewanya dan dapat anda gunakan seharian penuh.

8. Kuala Merisi

Kuala Merisi

Kuala Merisi merupakan suatu tempat yang cocok untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan juga tenang. Tempat wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Wisata ini memiliki garis pantai yang panjang dan dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian.

Silakan duduk santai di atas tikar dan nikmati deburan ombak serta hembusan angin pantainya. Tak jarang pula tempat wisata ini dijadikan lokasi berselancar dikarenakan ombaknya yang cocok untuk olahraga air ini. Selain itu juga, pantai ini memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi dan warung makan.

9. Museum Tsunami

Museum Tsunami

Tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Aceh yang selamat. Untuk mengenang pristiwa sekaligus menghormati korban meninggal, maka dibangunlah sebuah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda ditahun 2009.

Di dalam museum ini terdapat lorong yang panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang dapat mengingatkan anda pada bencana besar tersebut.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin melihat apa saja yang tertinggal dan tersisa dari gelombang tsunami. Banyak benda yang tersisa dari bencana yang dipajang seperti sepeda milik korban.

Selain itu benda dari sisa tsunami ada foto korban yang meninggal dan cerita kesaksian para korban yang selamat juga alat simulasi elektronik tentang gempa bumi. Museum tsunami ini dibangun sebagai pusat pendidikan dan perlindungan jika tsunami datang kembali.

10. Pantan Terong

Pantan Terong

Pantan terong merupakan sebuah bukit yang biasa digunakan dalam melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1830 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa anda untuk membawa jaket dan baju hangat, dikarenakan udaranya yang cukup dingin.

Dari Pantan Terong Anda dapat melihat Danau Laut Tawar yang seperti meyerupai sebuah kuali raksasa. Di sini juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan juga terbenam yang sangat indah.

Suka artikel berjudul Inilah 10 Obyek Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi, Yuk bagikan ke: