Inilah Jenis-Jenis Angklung


Inilah Jenis-Jenis Angklung

Angklung merupakan alat musik bambu yang dimainkan dengan cara digetarkan. Suara yang dihasilkan pada angklung ini adalah efek dari tabung-tabung bambu yang berbenturan dan menyusun sebuah instrumen. Ternyata alat musik angklung ini mempunyai beberapa jenis dengan nada yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis dari alat musik angklung:

Daftar Isi

Angklung Kanekes

Alat musik angklung kanekes ini adalah angklung yang dibuat di daerah Kanekes, yaitu sebuah daerah di Baduy provinsi Banten. Yang dapat dan berhak dalam membuat angklung kanekes ini hanyalah orang-orang dari Baduy Dalam, yaitu orang-orang Kajeroan.

Alat musik angklung ini dimainkan pada saat panen sawah atau saat menanam padi. Angklung kanekes ini juga dapat dimainkan pada saat terang bulan dan saat tidak ada hujan dalam sebuah hiburan. Nama-nama angklung kanekes dari yang terbesar adalah seperti indung, ringkuk, dondong, gunjing, engklok, indung leutik, torolok, dan roel.

Angklung Dogdog Lojor

Alat musik angklung dogdog lojor ini adalah sebuah kesenian yang terdapat di Gunung Halimun, yaitu sebuah gunung yang terletak di antara perbatasan Jakarta, Bogor, dan Lebak. Kesenian dogdog lojor ini dimainkan dengan adanya empat alat musik angklung di dalamnya. Sama seperti angklung kanekes, angklung dogdog lojor ini dimainkan dalam suasana panen. Akan tetapi, di masa modern saat ini, dogdog lojor hanya dipakai dalam kesenian pernikahan, sunatan, atau juga acara lainnya.

Dogdog lojor terdiri dari dua buah dogdog lojor dan empat buah angklung besar.Empat buah angklung besar yang ada dalam dogdog lojor ini adalah seperti gonggong, panembal, kingking, dan inclok.

Angklung Gubrak

Alat musik angklung gubrak adalah angklung yang berasal dari Bogor di wilayah kampung Cipining. Pada umumnya ini angklung dimainkan dalam sebuah ritual yang berhubungan dengan padi. Adanya angklung gubrak dikarenakan pada saat itu kampung Cipining sedang mengalami paceklik.

Angklung Badeng

Alat musik angklung badeng ini berasal dari wilayah Malangbong, Garut. Dulunya angklung ini berfungsi sebagai pembawa dakwah Islam. Angklung badeng ini terdiri dari sembilan buah, yaitu dua angklung roel, satu angklung kecer, dua angklung anak, dua buah dogdog, dua buah terbang atau gembyung, empat angklung indung dan angklung bapa, juga satu kecrek.

Buncis

Buncis adalah pertunjukan yang bersifat hiburan dan berasal dari Baros, Bandung. Beberapa instrumen yang merupakan bagian dari kesenian buncis adalah dua angklung indung, dua angklung ambrug, dua angklung pancer, angklung panempas, satu angklung enclok.

Angklung Padaeng

Alat musik angklung padaeng ini dibuat oleh pencetus angklung itu sendiri, yaitu Daeng Sutigna. Angklung padaeng ini menggunakan nada diatonis. Oleh sebab itu, angklung ini dapat menghasilkan nada suara dari berbagai musik modern dan internasional, bukan hanya musik daerah saja.

Angklung ini juga dapat dimainkan bergabung dengan ensembel lainnya seperti gitar, piano, drum, dan lain-lain. Angklung padaeng ini dibagi menjadi dua jenis yaitu angklung akompanimen dan angklung melodi.

Angklung akompanimen adalah angklung yang dimainkan buat mengiringi lagu-lagu yang harmonis. Sedangkan pada angklung melodi adalah angklung yang terdiri atas dua tabung dengan disparitas nada satu oktaf.
Advertisement

Angklung Sarinade

Alat musik angklung sarinade adalah angklung yang masih mempunyai jenis yang sama seperti padaeng, tetapi hanya menghasilkan nada bulat saja.

Angklung Toel

Alat musik angklung toel adalah angklung yang dijejerkan secara terbalik dan diberi karet. Angklung ini diciptakan oleh Yayan Udjo pada tahun 2008. Nama toel sendiri dapat berarti "sentuh". Jadi, pemakaian angklung toel hanya cukup disentuh, lalu keluarlah nada-nada yang dihasilkan pada angklung ini.

Angklung Sri Murni

Alat musik angklung ini diciptakan spesifik buat keperluan robot angklung. Angklung sri murni diciptakan buat dimainkan oleh robot yang diciptakan oleh Eko Mursito Budi.


Suka artikel berjudul Inilah Jenis-Jenis Angklung, Yuk bagikan ke: