Ke Elokan Kelok 9 di Ranah Minang



Kelok 9 yang terletak sekitar jarak 30 km terhitung dari Kota Payakumbuh,Sumatera Barat yang Merupakan salah satu jalan lintas provinsi Riau ke provinsi Sumatra barat yang bisa di katakan sangat unik, karena jalan ini mempunyai belokan sebanyak 9 belokan. kelok 9 dahulunya belum semegah dan sehebat sekarang, tetapi hanyalah sekedar jalan raya biasa yang mempunyai jalan berkelok yang melingkar di antara bukit yang berbentuk memanjang.

Dikarenakan di jalan kelok 9 ini sering terjadi sebuah insiden kecelakaan, pemerintah sumatra barat setempat akhirnya membuat ide yaitu dibuat sebuah jalan layang yang sangat amat indah, dan terletak di tengah hutan tropis yang masih terjaga dengan baik serta masih terjaga dari penebangan hutan.  Jembatan kelok 9 ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Oktober tahun 2013. Dengan pemandangan yang indah serta menajubkan ini menjadikannya salah satu  tempat favorit bagi para pengendara ataupun  pengguna jalan untuk beristirahat sejenak dan sambil menyaksikan keindahan dan kemegahan arsitekturnya.

Kelokan 9 Tampak Atas

Di sekitaran Jalan Kelok 9 ini telah dibangun sebuah jembatan layang dengan panjang 2,5 km. Jembatan kelok 9 ini  dan meliuk-liuk menyusuri dua buah  dinding bukit yang terjal dengan tinggi masing-masing  tiang betonnya dapat bervariasi yang mencapai tinggi 58-70 meter. Dan telah terhitung, jembatan kelok 9  ini sebanyak enam kali melintasi bolak balik bukit.

Jalanan di sini sangat amat mulus atau mungkin karenakan merupakan jalan penghubung lintas antar provinsi. Dengan lintasan yang awal akan melewati perkampungan penduduk, dan akan dimanjakan oleh keindahan tebing-tebing dan sawah sebagai salah satu penghias di kiri kanan sepanjang perjalanan menuju kelok 9. Kemudian Lepas dari perdesaan, pemandangan pun sudah mulai berubah. 

Hutan tropis merupakan penggantian panorama alam yang sebelumnya. Dengan lintasan jalan yang berkelok-kelok dan terus menerus menanjak, sebagai salah satu pertanda bahwa sebentar lagi akan mendekati jembatan kelok sembilan yang sudah ditandai dengan melintasi sebuah jembatan kecil. Jika anda berkunjung ke pekanbaru dari sumatra barat atau sebaliknya alangkah baiknya dan sayangnya jika tidak berhenti atau beristirahat sejenak di tempat ini untuk mengabadikan moment bersama teman,keluarga ataupun dengan kekasih anda.

Suka artikel berjudul Ke Elokan Kelok 9 di Ranah Minang, Yuk bagikan ke: