Reog, Kesenian Tradisional Dari Ponorogo Indonesia

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Reog, Kesenian Tradisional Dari Ponorogo Indonesia

Kesenian Reog ponorogo merupakan salah satu kesenian tari dari Jawa Timur yang sampai saat ini masih terus di lestarikan. Reog ponorogo merupakan kebudayaan dan kesenian asli dari Indonesia. Budaya dan seni ini sering sekali dikaitkan dengan hal-hal mistis, oleh karena itu tak jarang sering dihubungkan dengan kekuatan spiritual bahkan dunia hitam.

Lepas dari hal tersebut, Reog Ponorogo sering dipentaskan saat acara seperti khitanan, pernikahan, hari-hari besar nasional, dan juga festival tahunan yang seing diadakan oleh pemerintah setempat. Festival yang sering diadakan oleh pemerintah adalah seperti Reog Nasional, Reog Mini Nasinonal, dan juga pertunjukan pada saat bulan purnama yang bertempat di alun-alun kabupaten ponorogo. Sedangkan Festival Reog Nasional selalu diadakan pada saat akan memasuki bulan Maharam atau yang sering disebut bulan Suro dalam tradisi Jawa. Pementasan reog ponorogo ini merupakan rangkaian ulang tahun kota Ponorogo atau juga acara Grebeg Suro.

Dalam rangka menyambut tanggal satu Suro atau tahun baru islam, pemerintah kabupaten Ponorogo selalu mengadakan festival budaya terbesar di Ponorogo yaitu Grebeg Suro. Pada saat Grebeg Suro berlangsung, saat pementasan kesenian Reog Ponorogo biasanya selalu dibanjiri penonton, dikarenakan pagelaran kesenian ini bertaraf nasional, maka tak jarang wisatawan dari luar kota Ponorogo bahkan wisatawan mancanegara turut hadir melihat acara kesenian Reog Ponorogo ini. Hal ini pun dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten Ponorogo sebagai salah satu senjata andalan dalam meningkatkan daya tarik wisata Ponorogo itu sendiri.

Selain terdapat festival Grebeg Suro, ada juga festival Reog Mini tingkat nasional. Seluruh peserta pada festival Reog Mini merupakan generisa muda, rata-rata peserta masih duduk dibangku sekolah setingkat SD sampai SMP. Salah satu tujuan dari festival Reog Mini ini adalah untuk menjaga kesenian ini secara turun temurun, karena generasi mudalah yang kelak akan meneruskan kesenian Rog ini. Semua kegiatan yang ada di festival Reog Mini hampir mirip dengan Festival Reog Nasional, perbedaannya hanyalah pada peserta dan waktu pelaksanaannya saja. Festival Reog Mini ini dilaksanaan pada bulan Agustus.


Reog Mini

Serangkaian pementasan kesenian pada Reog yang lainnya pun tak kalah seru dari pementasan sebelumnya yaitu pementasan Reog Bulan Purnama. Pertunjukan ini selalu dilaksanakan bertepatan malam bulan purnama. Biasanya peserta yang mengikuti dalam pentas ini merupakan grup-grup lokal kecamatannya masing-masing. Selain dalam pementasan ini juga sering ditemui beberapa pertunjukan seperti tari garapan yang berasal dari Ponorogo.