Kesenian Sisingan Asli Jawa Barat




Kesenian Sisingaan adalah sebuah kesenian trasisional dari daerah Jawa Barat yang berbentuk Singa yang dipikul oleh beberapa orang. Sisingaan ini pada umumnya diiringi oleh iringan musik tradisional seperti Genjring Bonyok.

Dalam kesenian sisingan ini, para pemikul sisingaan akan melakukan gerakan-gerakan tertentu sambil memikul singanya seperti melakukan kuda-kuda, jeblang, gugulingan, angkat jungjung, gendong singa, nanggeuy singa, ewag, melak cau, dan sebagainya.

Sisingan ini mempunyai beberapa pola yaitu tatalu, lidung, ibingan, atraksi, dan penutup. Pola-pola inilah selalu dilakukan secara berurutan dari awal samapi akhir.

Pesta Khitanan

Kesenian Sisingaan ini umumnya ditampilkan pada pesta rakyat atau pesta khitanan. Pada pesta khitanan, seorang anak yang telah dikhitan akan naik ke boneka singa dan kemudian diarak keliling kampung.

Arak-arakan ini melibatkan masyarakat kampung yang ikut menari dalam iringan tersebut. Musik pengiring pada Sisingaan ini cukup banyak, yaitu seperti gong, kempul, kendang indung, kulanter, bonang, tarompet, dan kecrek. Lagu yang dinyayikan oleh sinden merupakan lagu dari Sunda seperti lagu kidung, lagu kasreng, lagu gondang, dan sebagainya.

Namun, seiring perkembangan musik sekarang, sinden biasanya akan menyayikan lagu yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan lagu tersebut, biasanya akan menarik banyak perhatian dari penonton untuk mengajak mereka menari bersama.
Suka artikel berjudul Kesenian Sisingan Asli Jawa Barat, Yuk bagikan ke: