Kesenian Tarian Rakyat Ndolalak



Ndolalak termasuk kesenian tarian rakyat jenis slawatan yang pementasannya dilakukan secara berpasangan. Kesenian ini tidak mengandung cerita, jadi hanya merupakan tarian saja. Tarian rakyat Ndolalak termasuk kesenian tua dan hampir punah, sehingga sudah jarang sekali dijumpai.Bahkan kelompok yang masih adapun sudah jarang mengadakan pementasan. Berdasarkan keterangan dari para orang tua, tidak aktifnya kesenian Ndolalak ini adalah karena saat ini para pemuda tidak lagi tertarik pada tarian ini. Mereka enggan mempelajarinya, sehingga kesenian Ndolalak ini tidak bisa diwariskan dari orang tua kepada anak-anak muda sekarang.

Fungsi kesenian ini hanya untuk hiburan atau tontonan biasa. Jumlah pendukung dalam pementasan Ndolalak adalah sekitar 34 orang, yaitu 28 orang sebagai para penari, dan 6 orang sebagai para pemain instrumen musik dan vokalis. Para penari Ndolalak ini mengenakan kostum yang realistis, yaitu terdiri dari peci (kopiah), baju, celana dan tidak memakai riasan muka. Gerak tarian ini mereka mengambil dari jurus-jurus yang ada di dalam pencak silat seperti sempok, ngecek dan juga keplek. Posisi kaki ada yang terbuka dan ada juga yang tertutup.

Pertunjukan Ndolalak ini umumnya menggunakan tempat di halaman rumah para penduduk. Alat musik yang dipakai hanya mneggunakan 3 buah terbang genjreng dan juga 1 jedor. Tarian ini dipentaskan dimalam hari dengan lama kurang lebih 4 jam, yaitu dari jam 21.00 sampai jam 01.00. Namun seiring perkembangannya, kesenian ini juga terkadang dipentaskan pada siang hari.

Para penari dalam kesenian ini adalah para pria yang rata-rata berusia antara 20 sampai 35 tahun. Kesenian ini memakai konsep pentas yang berbentuk arena dengan desain lantai lurus. Kelompok pemusik kesenian ini berada di halaman di dalam lingkaran, yaitu di antara para penonton dan para penontonnya akan berdiri mengelilingi. Pada zaman dahulu alat penerangan yang dipergunakan adalah lampu keceran atau lampu triom, namun saat ini orang lebih sering memakai lampu petromak.

Suka artikel berjudul Kesenian Tarian Rakyat Ndolalak , Yuk bagikan ke: