Mahkota Siger di Tanah Lampung

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Masyarakat Lampung bilang, berkunjung Tanah Lampung belum afdol jika tidak menginjakkan kaki kita di  Menara Siger. Hmmm…jadi penasaran deh gimana bentuknya dan Apa istimewanya Menara Siger di lampung?. Nah, karena terdorong rasa penasaran ini dan untuk membuktikannya itulah, Kamera Budaya berkunjung  ke Menara Siger ketia main ke tanah Lampung.

Rasa penasaran itupun  sudah ada sejak berada kapal feri yang di tumpangi dari Pelabuhan Merak,provinsi Banten selanjuynya berlayar membelah laut selat sunda untuk menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. ketika saat berada di atas kapal, saya di dalam mobil yang sedang diparkir di belakang ujung kapal agar bisa lebih leluasa memandang laut yang luas.

Sembari menikmati dan mendengar suara debur ombak yang menghempas kapal dan terpaan angin laut, saya diberi pemandangan laut Selat Sunda yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Sumatera. Setelah berlayar sejauh kurang lebuh 2 jam lebih di lautan, kapal feri segera merapat di pelabuhan Bakauheni lampung.

Terlihat dari kejauhan, sudah ada objek bangunan besar berbentuk mahkota berwarna kuning.Karena rasa penasaran itulah, saya kemudian bertanya kepada penumpang yang berasal dari Lampung, lalu bertanya "apa sih nama bangunan besar itu tersebut?".

Kata orang yang asli dari Lampung, itulah yang dinamakan Menara Siger. Ya, setiap orang yang penumpang kapal yang telah melihat bangunan Menara Siger, dan itu pertanda kapal segera akan merapat ke Pelabuhan Bakauheni Lampung. Semakin dekat kapal yang akan bersandar, bentuk dari Menara Siger semakin pun makin jelas. Warnanya ialah emas dan merah dengan memiliki bentuk mahkota yang sudah menjadi simbol Provinsi Lampung.

Menara Siger Tampak dari Pelabuhan Bakauheni

Menara Siger ini bertempat di atas bukit dengan memiliki ketinggian sekitar 110 meter di atas permukaan laut. Di bagian depan, pemandangan Menara Siger ini berhadapan dengan Pelabuhan Bakauheni Lampung. sedangkan Bagian belakang Menara Siger pemandangannya ialah Samudera Hindia. Menara Siger yang merupakan penanda titik nol Sumatera di bagian selatan. Menara Siger ini terdiri atas enam buah  lantai yang menjadi area dari  seluruh kabupaten/kota se provinsi Lampung.Menara Siger yang telah dibangun di bagian sebelah barat Pelabuhan Bakauheni itu telah dilengkapi sarana informasi.

Di lihat dari Tampilan fisik Menara Siger ini dibangun sesuai ciri khas dari provinsi Lampung. Menara Siger ini berbentuk berupa bangunan mahkota yang terdiri dari sembilan rangkaian yang telah melambangkan sembilan bahasa di provinsi Lampung. Menara Siger  ini berwarna kuning dan merah, yang mewakili warna emas dari topi adat lampung pengantin wanita. Bangunan ini juga mempunyai berhiaskan ukiran corak kain tapis khas provinsi Lampung.

No comments: