Makna Tanda Merah di Dahi Orang India

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement


Untuk Anda para pecinta film-film di negara India atau Bollywood, pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan tanda warna merah yang sering menghiasi dahi atau kening aktor dan aktrisnya pada setiap film yang di tanyangkan. Mungkin ada salah satu sebagian dari Anda yang akan bertanya-tanya apa maksud dari tanda merah pada dahi orang india tersebut.

Warna merah yang selalu menghiasi dahi para aktor dan aktris atau masyarakat India tersebut dibuat bukan tanpa makna dan sebab. Konon menurut kepercayaan orang india, tanda warna merah di dahi tersebut, terutama di dahi perempuan India, merupakan salah satu indera keenam atau cakra.

Selain arti sebagai indera keenam, yakni ada dua makna lain dari tanda warna merah di dahi tersebut, yakni Sindoor dan Bindi. Sindoor ini merupakan sebuah tanda warna merah di dahi yang menggambarkan di bagian belahan rambut kepala bagian atas.

Sedangkan Bindi ini merupakan sebuah tanda warna merah di dahi atau oranye yang menggambarkan tepat di tengah bagian dahi. Orang India Tidak bisa menggunakan Sindoor dan Bindi semaunya dia saja, tetapi ada aturan-aturan tertentu yang terkait dalam penggunaan Sindoor dan Bindi di dahi orang india.

 Bagi para wanita India yang masih sendiri  atau belum menikah, biasanya mereka akan menggambarkan Bindi di bagian dahi mereka sebagai tanda yang bisa membuat kecantikan wanita india semakin bagus dan kecerdasan, serta melindungi wanita dari gangguan-ganguan setan dan nasib yang kurang bagus atau jelek.

Sedangkan pada penggunaan Sindoor dikhususkan dan di haruskan bagi para wanita India yang sudah menikah atau memiliki pasangan hidup. Ada makna tersendiri dan mendalam terhadap tanda Sindoor yang menggambarkan pada dahi mereka yang sudah menikah, yaitu sebagai simbol  kesetiaan cinta dan bakti istri  terhadap suaminya seumur hidup mereka dan sampai maut yang memisahkan