Mengenal Jenis Pakaian Tradisional Jepang


Jepang memiliki pakaian tradisional yaitu Kimono. Kimono memiliki berbagai macam jenis, namun tidak hanya berbeda dari desainnya saja, setiap jenis baju kimono memiliki fungsinya masing-masing.

Berikut adalah beberapa macam jenis dari baju tradisional Jepang Kimono:

1. Irotomesode

Pakaian tradisional ini terbuat dari tomesode yang berwarna. Jenis kimono ini dipakai oleh wanita dewasa yang belum menikah ataupun yang sudah menikah. Pemilihan motif lambang dapat disesuaikan dengan jenis acaranya. Pakaian ini dipakai untuk menghadiri acara yang tidak memperbolehkan tamu untuk datang memakai kuritimesode, contohnya resepsi di istana kaisar.  

Irotomesode

2. Furisode

Furisode adalah pakaian tradisional kimono paling formal untuk para wanita muda yang belum menikah. Bahannya dengan motif yang mencolok diseluruh bagian kain dan berwarna cerah. Ciri dari furisode adalah bagian lengan yang sangat lebar dan menjuntai ke bawah.

 Furisode 

3. Iromuji

Iromuji adalah pakaian tradisional kimono semiformal, tetapi bisa juga dijadikan kimono formal bila iromuji memiliki lambang keluarga. Pakaian Iromuji ini terbuat dari bahan yang berwarna lembut seperti biru, muda, pink, kuning dan warna lembut lainnya. Pakaian Iromuji ini juga dapat digunakan pada acara pernikahan jika lambang keluarga berjumlah ada lima.

Iromuji

4. Komon

Komon adalalah pakaian tradisional kimono santai untuk wanita yang telah menikah atau belum menikah. Ciri khas dari pakaian jenis ini adalah bermotif sederhana dan ukurannya yang kecil. Komon ini dikenakan dalam menghadiri pesta makan malam, reuni, bertemu dengan teman atau menonton pertunjukan.

Komon

5. Homongi

Hōmon-gi atau pakaian untuk berkunjung adalah pakaian tradisional kimono formal untuk wanita yang telah menikah atau belum menikah. Pemakainya kimono ini bebas untuk memakai bahan yang bergambar lambang keluarga atau tidak. Ciri khas dari homongi ini adalah bermotif di seluruh bagian kain seperti bagian depan maupun belakang. Homongi dipakai sewaktu upacara minum teh, menjadi tamu resepsi pernikahan, atau merayakan tahun baru.

Homongi

Suka artikel berjudul Mengenal Jenis Pakaian Tradisional Jepang, Yuk bagikan ke: