Mengenal Wayang Anoman



Anoman adalah kera yang berbulu putih seperti kapas. Dia adalah anak dari Betara Guru dengan Dewi Anjani, yaitu seorang putri bermuka dan juga bertangan kera.

Anoman juga memiliki nama lain, seperti:
  1. Maruti, dikarenakan mempunyai angin, seperti halnya Raden Wrekodara, oleh karena itu Anoman sering disebut saudara Wrekodara yang berkesaktian angin.
  2. Ramadayapati, yang berarti diakui anak oleh Sri Rama.
  3. Bayutanaya, yang berarti yang diakui anak Betara Bayu.
  4. Kapiwara, yang berarti pendeta kera
  5. Anjaniputra, yang berarti putra Dewi Anjani.

Mulanya Anoman ini hidup di zaman Sri Rama. Pada waktu Anoman kehilangan permaisurinya, yaitu bernama Dewi Sinta, yang telah dicuri oleh seorang raja raksasa Prabu Dasamuka dari negara Alengka. Anoman lalu mendapat titah dari Sri Rama untuk menemui permaisurinya Dewi Sinta yang telah disembunyikan oleh Dasamuka di Alengka yang berada di sebuah taman bernama Taman Arga Soka. Lalu Anoman berhasil membawa pulang kembali Dewi Sinta ke hadapan Sri Rama. Sesampainya di negara Alengka, Anoman lalu membakar istana Alengka tersebut sampai habis menjadi abu.

Sehabis zaman Sri Rama, lalu tibalah di zaman Pendawa, yaitu dizaman Anoman mengasuh kelima Pendawa tersebut dan menjadi seorang pendeta kera di Kendalisada. Anoman ini selalu menjadi tempat bertanya orang tentang perihal yang sulit-sulit, dikarenakan Anoman ini dianggap sebagai pendeta yang selalu waspada.

Anoman mempunyai bentuk seperti bermata plelengan putih, berhidung dan juga bermulut kera, lalu bersanggul kadal menek bersambung dengan ekor yang memanjang dari bawah sampai menutupi sanggulnya dan dihiasi dengan sebuah gelang. Bergelang, berpontoh, berkeroncong, berkuku pancanaka seperti halnya Wrekodara, berkaki kera, berkain poleng seperti halnya Wrekodara bentuk raton lengkap tidak bertopong, warna muka dan seluruh tubuhnya putih sehingga menandakan bahwa dia kera ulas putih.

Suka artikel berjudul Mengenal Wayang Anoman, Yuk bagikan ke: