Pesona Gunung Semeru

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Gunung Semeru atau bisa di sebut Gunung Meru adalah sebuah gunung yang bersifat berapi kerucut di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru ialah gunung tertinggi di Pulau Jawa,dengan puncaknya yang bernama Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut  atau bisa di singkat(mdpl). Gunung Semeru ini juga merupakan gunung berapi yag tertinggi ketiga di Indonesia setelah dari Gunung Kerinci di  pulau Sumatera dan Gunung Rinjani di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada Kawah di puncak Gunung Semeru sudah dikenal dengan nama yaitu Jonggring Saloko.

Gunung Semeru ini secara administratif telah termasuk dalam wilayah dari dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini sudah termasuk dalam kawasan yang bernama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Diperlukan waktu kira-kira empat hari untuk mendaki ke puncak gunung Semeru sudah terhitung pergi dan pulang. Untuk mendaki gunung ini dapat ditempuh dengan lewat kota Malang atau bisa juga dari Lumajang.

Dari terminal di  Kota Malang bisa naik angkutan umum yang menuju ke desa Tumpang. Kemudian disambung lagi dengan mobil jeep atau truk/pickup yang amat banyak terletak di belakang pasar terminal Tumpang dan dikenakan biaya per orang Rp20.000,00 hingga ke Pos Ranu Pani. Setelah sampai di tempat gapura yang bertuliskan "selamat datang", Pada Jalur awal landai, menyusuri lereng bukit yang telah di penuhi dengan tumbuhan alang-alang. Setelah berjalan sejauh 5 km menyusuri lereng bukit semeru yang amat banyak ditumbuhi bunga edelweis yang indah, lalu akan sampai tempat yang dinamakan Watu Rejeng.

Di sini sudah terdapat batu yang amat terjal yang sangat indah. Pemandangan nya pun sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit yang indah lainnya, yang ditumbuhi dengan hutan cemara dan pinus. Kadangkala juga bisa menyaksikan asap yang berasal dari puncak semeru dan Untuk menuju tempat Ranu Kumbolo masih harus mendaki denagan jarak sekitar 4,5 km. Di tempat yang bernama Ranu Kumbolo dapat mendirikan tenda. Juga terdapat pondok pendaki atau sering di sebut shelter. Terdapat juga danau dengan air yang sudah bersih dan mempumyai pemandangan begitu indah terutama pada saat  pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit di sebelah timur disela-sela bukit.

Banyak juga terdapat ikan, terkadang burung belibis liar. Di Ranu Kumbolo berada pada ketinggian sekitar 2.400 m dengan luas daerah 14 ha. perjalanan Selanjutnya memasuki hutan yang banyak di tumbuhi pohon cemara dan kadang kala ada binatang burung dan kijang. Daerah ini yang dinamakan Cemoro Kandang. Selain di ranu kumbolo dapat juga berkemah di daerah Arcopodo, Arcopodo ini berada pada ketinggian sekitar 2.900m, Arcopodo ialah wilayah vegetasi terakhir di Gunung Semeru, selebihnya dan seterusnya akan melewati bukit pasir.

Dari Arcopodo ini ialah langsung menuju puncak Semeru dan diperlukan waktu 3-4 jam dan akan melewati daerah bukit pasir yang sangat amat curam dan mudah sekali merosot. Di sarankan semua yang membawa barang bawaan sebaiknya tinggal di tempat Arcopodo atau di Kalimati. Pendakian selanjutnya menuju puncak gunung semeru yang dilakukan sangat pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari tempat Arcopodo.




No comments: