Wisata Gunung Bromo

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Siapa yang tidak mengenal wisata Gunung Bromo di Jawa Timur yang satu ini. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo, provinsi Jawa Timur.

Gunung ini memiliki ketinggian 2392 m diatas permukaan laut. Wisata ini memang sangat mempesona dengan didampingi dan didukung dengan beberapa daerah wisata yang sudah ada di sekitarnya yang akan menjadikan gunung ini sebagai salah satu tempat wisata yang sangat unik dan asik untuk di kunjungi.

Namun jika di lihat secara fisik gunung ini ukurannya tidaklah sebesar gunung-gunung yang ada di provinsi Jawa Timur lainnya, seperti gunung Semeru, gunung Argopuro, gunung Arjuno dan gunung-gunung lainya yang terdapat di jawa timur.

Gunung Bromo ini sudah termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau yang lebih di singkat TNBTS. 

Nama Gunung Bromo konon bermula dari kata Brahma, yaitu salah satu Dewa yang di anut oleh masyarakat yang beragama Hindu. Agama Hindu sendiri sudah banyak dianut oleh sebagian besar masyarakat di sekitar tempat wisata di Jawa Timur ini, khususnya disekitar Gunung Bromo.

Penduduk yang tinggal di sekitar gunung Bromo memang banyak dikenal dengan sebuah nama suku Tengger. Suku Tengger ialah suku yang berasal dari ras suku Jawa yang memang merupakan keturunan dari sebuah  kerajaan yang bernama Majapahit.

Gunung Bromo yang tujuannya hanya untuk menikmati pemandangannya saja dari atas gunung Bromo itu sendiri biasanya para rombongan wisatawan akan langsung menuju ke View Point terlebih dahulu sebelum ke tempat lainnya.

View Point ialah merupakan sebuah tempat tujuannya digunakan untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam atau keindahan gunung Bromo dari ketinggian. Ada lima tempat view yang dapat digunakan untuk melihat indahnya pemandangan gunung Bromo yang melalui puncak bukit, diantaranya ialah ada yang bernama Pananjakan 1 kemudian Sruni Point, Bukit Cinta, selanjutnya Bukit KingKong dan Puncak B29.

Kelima tempat ini amatlah indah untuk mengabadikan sebuah kenangan di dalam foto. Tetapi ada tempat yang jauh yaitu Puncak B29, tempatnya memang agak jauh dari keempat view point yang lainya, dan sekarang tempat ini merupakan tempat yang baru di bangun dan dikembangkan untuk dijadikan view point yang amat indah.

No comments: