Wisata Pantai Ulee Lheue di Aceh


Wisata Pantai Ulee Lheue di Aceh

Meski hampir seluruh pantai di Banda Aceh terkena terjangan gelombang besar pada tahun 2004 lalu, namun saat ini pemerintah kota telah memulihkan hampir seluruh pantai yang dulunya beroperasi sebagai tempat obyek wisata pantai yang sering disinggahi pada saat liburan tiba. Begitu juga dengan pantai Ulee Lheue ini yang sempat mengalami kerusakan cukup parah dari segi fasilitas wisata hingga pemukiman warga, termasuk desa Ulee Lheue yang saat itu hingga porak poranda. Namun sekarang pemerintah setempat sudah mulai melakukan pembangunan dengan bantuan dana dari beberapa lembaga asing, dan menjadikan tempat ini semakin indah.

Untuk mencapai pantai Ulee Lheue tidaklah sulit, lokasi dari pantai Ulee Lheue cukup strategis, yaitu hanya berjarak 3 km dari pusat kota Banda Aceh. Para wisatawan juga dapat menyewa mobil atau juga dapat menggunakan angkutan umum dalam kota Banda Aceh.

Lokasi yang cukup strategis tentunya akan membuat pantai ini semakin ramai dan sangat nyaman untuk disinggahi oleh wisatawan. Bagi para wisatawan yang menginginkan perajalanan dengan nyaman dan lebih privat bisa menyewa kendaraan dengan biaya yang sangat terjangkau, dan biaya pun telah termasuk supir, bensin dan juga jam sewa 10 jam lamanya.

Untuk rute menuju lokasi ini adalah dengan melewati jalan sultan iskandar muda, perjalanan yang cukup singkat serta tidak memakan waktu yang lama, namun untuk pengunjung yang ingin menggunakan angkutan umum waktu pengoprasian hanya sampai pukul 18.00 WIB.

Meski dampak tsunami tahun 2004 lalu menimbulkan banyak trauma kepada penduduk di sekitar pantai, namun saat ini dengan dukungan pemerintah dalam perbaikan fasilitas pantai Ulee Lheue, para wisatawan lebih dapat menikmati pemandangan yang indah dan bersih dipantai ini. Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga dapat menikmati wahana permainan air yang telah tersedia seperti perahu angsa.

Para wisatawan yang datang ke pantai Ulee Lheue selain sekedar menikmati pemandangan laut lepas pantai Ulee Lheue, juga bisa menikmati santapan jagung bakar yang ada di beberapa pondok penjual jagung bakar di tepi pantai.
Pelabuhan ulee lheue di daerah Ulee Lheue juga terdapat sebuah pelabuhan kapal Ulee Lheue yang dapat digunakan dan siap mengantar para wisatawan menuju pulau Weh. Terdapat dua jenis kapal yang beroperasi, yang pertama adalah kapal cepat yang hanya mengangkut beberapa penumpang dan yang kedua adalah kapal feri yang dapat menampung kendaraan.

Suasana Pantai Ulee Lheue di Sore Hari
Suasana Pantai Ulee Lheue di Sore Hari

Suasana pantai ini memiliki latar belakang perbukitan, tentunya akan mampu menghipnotis para wisatawan yang datang. Pemandangan birunya laut pantai Ulee Lheue ini juga akan semakin indah dengan langit yang  membiaskan cahaya dari pantulan sinar matahari sore di pantai Ulee Lheue. Pantai Ulee Lheue tentunya akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan saat berada di Banda Aceh.

Suka artikel berjudul Wisata Pantai Ulee Lheue di Aceh, Yuk bagikan ke: