Babancong Kabupaten Garut



Babancong terletak di bagian depan rumah dinas Bupati Garut, yaitu tepatnya di depan pendapa. Di dalam tata kota tradisional di Tatar Sunda, babancong ini merupakan bagian dari alun-alun dan juga terletak di bagian sebelah selatan alun-alun. Bangunan ini biasanya ada di bagian depan pendapa kabupaten.

Dahulu babancong ini berfungsi sebagai tempat bagi bupati beserta para pejabat pemerintahan lainnya menyampaikan pidato di depan publik dan juga sebagai tempat untuk para pejabat menyaksikan keramaian di alun-alun.

Bangunan babancong merupakan sebuah bangunan panggung, berdenah segi delapan, beratap tajug, dan juga dengan delapan pilar berbentuk silinder yang akan menyangga bagian atap. Di bagian bawah terdapat sebuah relung-relung yang berbentuk lengkung sebanyak delapan buah.

Terdapat 2 (dua) sisi tangga untuk menaiki bangunan, yang saat ini diberi tambahan sebuah pintu dari besi. Pipi tangga babancong ini bermotif lengkung terawangan seperti layaknya sisik ular, penutup lantai anak tangganya dari keramik, yang nampaknya merupakan penambahan baru. Penutup atapnya berupa genteng beton berglasur yang juga merupakan penambahan baru. Material dari penyusun bangunan babancong ini berupa pasangan bata berplester yang dicat berwarna putih.
Suka artikel berjudul Babancong Kabupaten Garut, Yuk bagikan ke: