Bermain Ceria di Dufan Jakarta



Dunia Fantasi atau sering disebut juga dengan nama Dufan yang telah diresmikan pada 29 Agustus tahun 1985 ialah tempat hiburan atau wisata yang terletak di kompleks daerah Taman Impian Jaya Ancol atau (Ancol taman impian), di Jakarta Utara, Indonesia. Dunia Fantasi memiliki maskot berupa binatang kera bekantan yang telah diberi nama Dufan yang disingkat dari Dunia Fantasi. Dipilih binatang kera karena sebagai karakter ialah untuk mengingatkan bahwa wisata Ancol dahulu ialah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan ialah semata-mata hanya untuk mengenalkan jenis berupa satwa langka yang kini telah dilindungi. Pada awalnya mulanya Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan atau digambarkan oleh Matari Advertising yang juga ikut serta dalam program komunikasi pada awal Dunia Fantasi karena pada saat itulah sesorang yang bernama Agustinus Teddy Darmanto selaku ketua sekaligus juga penanggung jawab BenDufa atau bisa dibilang (Bengkel Dunia Fantasi) sangat sibuk dalam tahap penyelesaian akhir, oleh karena itu pengvisualisasian diberikan pada Matari Advertising.

Namun setelah Dunia Fantasi dibuka untuk umum pengliatan karakter Dufan diambil alih kembali oleh team dari BenDufa dan tercipta lah logo dan maskot Dunia Fantasi Dufan. Dunia Fantasi dibagi juga dalam beberapa kawasan diantatanya dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ialah ditujukan untuk membangkitkan imajinasi para pengunjung yang diharapkan merasakan rasa sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta pada zaman dahulu, Eropa,lalu Amerika, Indonesia, kemudian Asia, Fantasi Yunani, lalu Fantasi Hikayat, selanjutnya Balara, dan Istabon.

Permainan di Dufan

Selain itu atraksi permainan, kawasan ini juga mempunyai sejumlah restoran dan juga toko-toko suvenir. Luas dari Dunia Fantasi mencapai luas 9,5 hektare dari rencana pembangunan yaitu 552 hektare kawasan hiburan terpadu di Taman Impian Jaya Ancol. Wahana ini telah  beroperasi sejak 10 Juni tahun 2007 dan telah diresmikan oleh Gubernur Jakarta yang bernama Sutiyoso dan merupakan wahana yang paling menegangkan dari semua di arena Dufan. Wahana ini juga amat sangat memacu adrenalin pengunjung karena cara pengoperasiannya, yakni saat mulai pengunjung langsung naik keatas lalu di dijungkir balikkan. Dan begitu juga saat  diturunkan juga dijungkir balikkan.

Suka artikel berjudul Bermain Ceria di Dufan Jakarta, Yuk bagikan ke: