Bertamasya Ke Taman Nasional Way Kambas Lampung



Taman Nasional Way Kambas adalah merupakan tempat pusat pelatihan gajah-gajah asal Sumatera dan merupakan salah satu pusat latihan gajah pertama kali di Indonesia. Di tempat ini gajah-gajah yang dulunya liar di Sumatera dilatih dan dimanfaatkan untuk memperlihatkan pertunjukan seperti contoh permainan sepak bola kemudian berenang, dan lain sebagainya. Para pengunjung bisa menaiki gajah dengan didampingi pawang gajah tersebut. Way Kambas yang berlokasi di Kecamatan Way Jepara kemudian Labuan Meringgai, Sukadana selanjutnya Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya,di Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Temperatur Udara pada  tempat ini berkisar 28°-37° C, dan Curah Hujan 2500-3.000 mm/tahun,kemudian Ketinggian Tempat ini sekitaran 0 - 60 m dpl.

Gajah Berkumpul di Sungai

Taman Nasional Way Kambas atau bisa disingkat TNWK yang terletak di daerah sebelah utara Lampung ini identik atau khas dengan binatang gajah, walaupun sebetulnya taman nasional way kambas itu juga merupakan tempat hidup satwa langka seperti halnya badak kemudian harimau sumatera serta hewan-hewan langka lainnya. Taman Nasional Way Kambas yang sudah ditetapkan sebagai salah satu taman nasional oleh Menteri Kehutanan dengan keputusan berupan SK No. 670/Kpts-II/1999 yang merupakan taman nasional yang sudah terkenal ke mancanegara ataupun dalam negeri. Di Taman Nasional Way Kambas ini, kita bisa menikmati hal-hal berikut ini yaitu atraksi gajah yang sudah terlatih sebelumnya oleh pawang gajah. Atraksi yang bisa kita dilihat adalah atraksi gajah yang bisa menari, sampai dengan atraksi gajah dengan iringan musik yang bagus, misalnya saja sepak bola gajah yang sangat cukup popular di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah, kemudian mengalungkan bunga, berjabat tangan, dan berenang. Jika mau, bisa saja menunggang gajah-gajah ini dengan membayar pawang gajah dengan sejumlah uang tentunya.

Atraksi Gajah

Pada Pusat Pelatihan Gajah atau bisa disingkat (PLG), ada sebuah atraksi gajah yang sudah dilakukan secara rutin setiap sore hari dengan pertandingan sepak bola gajah yang diadakan setiap weekend. Dan juga bisa menaiki atau menunggangi gajah berputar-putar dan masuk ke dalam hutan dengan pawang gajahnya. Dengan perjalanan seperti ini jika beruntung akan bertemu dengan gajah-gajah liar yang banyak juga terdapat di Taman Nasional Way Kambas. Di Taman Nasional Way Kambas para wisatawan bisa lebih mengenal dalam tentang Konservasi Gajah di Way Kambas. Di sini juga bisa banyak berinteraksi atau berkomunikasi dengan gajah-gajah dan banyak bertanya tentang gajah ke pawang-pawang yang berada di taman nasional way kambas ini.

Suka artikel berjudul Bertamasya Ke Taman Nasional Way Kambas Lampung, Yuk bagikan ke: