Berwisata Binatang Purba di Pulau Komodo

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

 Pulau Komodo ialah sebuah pulau yang cukup besar yang terletak pada Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo ini sudah dikenal sebagai habitat asli hewan komodo tersebut. Pulau komodo ini juga merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang telah dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo ini berada tepat di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan denagn Selat Sape. Secara administratif, pulau komodo ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, yang berkabupaten di Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT Indonesia. Pulau Komodo ini terletak diujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTT.


Di Pulau Komodo ini, hewan komodo dapat hidup dan berkembang biak secara baik. Hingga bulan  Agustus tahun 2009, di pulau ini terdapat sekitaran 1300 ekor komodo. Ditambah lagi dengan pulau lain, seperti halnya Pulau Rinca dan Gili Motang, jumlah komodo keseluruhan telah mencapai sekitaran 2500 ekor. Dan ada pula sekitaran 100 ekor komodo yang berada di Cagar Alam Wae Wuul pada daratan Pulau Flores tetapi tidak termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Selain binatang komodo, pulau ini juga sudah menyimpan eksotisme flora yang sangat amat beragam seperti kayu sepang yang oleh warga NTT sekitar dapat digunakan sebagi obat-obatan dan bahan pewarna pakaian, dan pohon nitak ini atau bisa disebut sterculia oblongata bisa di yakini berguna sebagai obat dan pada bijinya mempunyai rasa gurih dan enak seperti halnya kacang polong.

Binatang Komodo

Pulau Komodo ini juga telah diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, karenanya dalam wilayah Taman Nasional Komodo yang ada di NTT, bersama dengan Pulau Rinca kemudian Pulau Padar dan Gili Motang. Pada tahun 1910 orang-orang Belanda menamai pulau ini di sisi selatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan nama Pulau Komodo. Ceritanya  berawal dari seseorang yang bernama Letnan Steyn van Hens Broek yang akan mencoba membuktikan laporan dari pasukan Belanda tentang adanya hewan besar yang menyerupai naga di pulau tersebut. Kemudian Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawanya unutuk keperluan dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di kota Bogor untuk diteliti.

No comments: