Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru



Pemandangan yang indah dan tidak boleh terlewatkan ialah di tepi Ranu Kumbolo ialah saat matahari terbit atau (sunrise) yang muncul dari balik bukit. Panorama yang eksotis dan juga memukau di Ranu Kumbolo tidak akan terlupakan oleh pendaki ataupun wisatawan yang pernah ke sana. Ranu Kumbolo ini berada pada ketinggian 2.400 mdpl dan dengan luas 14 hektare. Memang benar pemandangannya cukup amat indah di sana. seseorang menjelaskan, rute jalur pendakian gunung Semeru yang harus dilalui antara lain ialah Ranu Pani lalu Watu Rejeng, Ranu Kumbolo Oro-oro kemudian Ombo Cemoro Kandang dan  Jambangan Sumbermani, Kalimati, Arcopodo, Cemoro Tunggal, Mahameru.

“TNBTS biasanya menutup jalur ke pendakian ke Semeru selama musim hujan dikarenakan khawatir akan terjadi longsor dan juga badai yang dapat membahayakan para pendaki dan Hampir Setiap tahun. TNBTS menutup jalur pendakian di gunung Semeru selama empat bulan dan terhitung sejak bulan Desember hingga bulan April, sehingga para wisatawan juga harus memperhatikan hal-hal tersebut. Penutupan jalur menuju obyek wisata ke Semeru juga bertujuan untuk ‘recovery’ atau (pemulihan) ekosistem di kawasan ini di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.

Perkemahan di Danau Ranu Kumbolo

Sebelum jalur pendakian ke Gunung Semeru dibuka, kata seseorang yang bernama Anggoro, petugas dari TNBTS akan melakukan survei di jalur pendakian untuk memastikan jalur ini  tetap bisa dilewati dan juga aman bagi para pendaki. Bagi yang suka melakukan sebuah perjalanan wisata yang penuh tantangan, obyek wisata panorama Danau Ranu Kumbolo lah merupakan salah satu pilihan yang bisa dikatakan luar biasa, namun pendaki  harus menunggu TNBTS untuk membuka jalur pendakian ke Gunung Semeru, lebih dahulu.

Pendaki juga harus membawa perlengkapan seperti baju hangat dan juga perbekalan berupa makanan yang cukup karena suhu udara di ranu kumbolo sangat dingin. Di Ranu Kumbolo ini, akan menemukan suatu obyek wisata alam dengan panorama alam yang begitu memukau dan  juga masih alami. Selain itu, juga dapat memancing ikan air tawar di ranu kumbolo.

Suka artikel berjudul Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Yuk bagikan ke: