Danau Toba di Tanah Batak



Tahukah bahwa di Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara telah dinyatakan sebagai danau kawah atau bisa di sebut danau vulkanik terbesar yang ada di dunia. Dan dapat bandingkan dengan luasnya Pulau Samosir yang terletak atau terdapat di tengah-tengah Danau Toba di sumatra utara. Pulau Samosir ini memiliki seluasnya yang hampir sama dengan negara tetangga yaitu Singapura. Danau toba Dengan panjang mencapai panjang 87 kilometer dan memiliki lebar 27 kilometer dengan kedalaman danau bisa mencapai lebih dari 500 meter. Ayo menyusuri dan bertualang di Danau Toba yang amat sangat spektakuler dengan segala keindahan alam yang sudah ada  dan budayanya yang unik dan menarik.

Danau Toba dengan ketinggian hampir  dari 1 kilometer di atas permukaan laut atau (dpl) dan sudah dikelilingi oleh deretan-deretan gunung berapi yang aktif yang salah satunya merupakan bagian dari Pegunungan yaitu Bukit Barisan yang membuat Danau Toba begitu sejuk dipandang dan indah bila dirasakan Di danau ini banyak jenis pohon salah satunya pohon enau dan pinus yang bisa  tumbuh subur di disekitaran Danau Toba yang menambah keindahan dan ketakjuban danau toba ini.

 Danau Toba

Di sebelah arah utara Danau Toba masih dapat dijumpai berbagai macam fauna dan flora yang menarik seperti contoh lutung, orangutan, dan juga beberapa jenis monyet yang hidup disana. Sedangkan pada bagian selatan Danau Toba terdapat juga fauna yang banyak dan berbeda jenis seperti contoh monyet berjenis lingur, tapir, dan ingkir dan masih banyak lagi. Tentulah hal ini juga yang membuat danau toba ini unik dikarenakan danau toba ini seolah-olah berguna atau berfungsi sebagai garis pemisah antara ekologi fauna di sisi utara danau toba dan selatan Danau Toba. Sejauh kedua mata memandang, yang terlihat hanayalah keindahan danau toba yang dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang begitu amat indah dan sangat menakjubkan.
 
Terdapat Kabut tebal yang kadang menyelimuti danau toba yang sejuk ini dan dingin ini. Jika tidak ada kabut tebal yang mnyelimuti danau, lekukan Danau Toba pun dapat terlihat dan begitu indah untuk dikagumi. Danau Toba ini seperti sebuah lautan yang di tengah-tengahnya ada sebuah daratan yang benar-benar sejuk dan indah .Ada sebuah penginapan sederhana Jika ada keinginan menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah danau toba dan Danau Toba dan Pulau Samosir itu sendiri merupakan pusat atau jantung dan kampung halaman orang suku Batak.

Suka artikel berjudul Danau Toba di Tanah Batak, Yuk bagikan ke: