Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah



Setiap Bulan Mei, masyarakat di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, merayakan sebuah festival yang bernama Festival Isen Mulang. Festival ini menyajikan aneka ragam dari kesenian khas Suku Dayak, seperti tarian, musik, pakaian adat, makanan khas daerah, serta balap perahu hias.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah para penari tradisional Dayak yang menggunakan pakaian dengan warna-warna atraktif. Selain itu, mereka juga menggunakan hiasan di kepala dari bulu burung rangkong, manik-manik, dan anting-anting besar.

Penampilan mereka saat membawakan tarian tradisional juga sangat memukau, sambil membawa peisai serta mandau mereka menari mengikuti irama musik khas suku Dayak. Tarian ini merupakan gerakan para leluhur dari suku dayak saat berperang.

Perahu Hias

Festival Isen Mulang ini juga diramaikan dengan kompetisi balap perahu hias. Peserta akan berlomba-lomba untuk menghias perahu semenarik mungkin. Diatas perahu kemudian terdapat para perempuan yang menari tarian khas Dayak, sementara itu para pria menunjukkan kemampuan dalam berperang.

Tidak hanya menjadi media unjuk gigi bagi masyarakat suku ayak, Festival Isen Mulang ini juga memberikan ruang bagi para transmigran dari daerah lain untuk menunjukkan kebolehannya dalam membawakan budaya mereka.

Festival yang digunakan untuk mempromosikan serta melestarikan dari budaya dayak ini, juga menjadi momentum untuk pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalimantan Tengah. Makna dari Isen Mulang ini adalah untuk memberikan semangat supaya jangan pernah menyerah dan terus berjuang untuk meraih kesuksesan.

Suka artikel berjudul Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah, Yuk bagikan ke: