Gunung Rinjani di Pulau Lombok



Gunung Rinjani ialah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan salah satu gunung berapi kedua yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yaitu 3.726 m dpl dan serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT dan  ini merupakan gunung favorit bagi para pendaki Indonesia dikarenakan keindahan akan pemandangannya. Gunung rinjani ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas yaitu sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan berupa penambahannya sehingga menjadi luas 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Dilihat Secara administratif gunung rinjani ini berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur,lalu Lombok Tengah dan juga Lombok Barat. Gunung Rinjani ini dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, dan mendominasi sebagian besar pemandangan di Pulau Lombok pada bagian utara. Di sebelah barat  kerucut Gunung Rinjani terdapat kaldera dengan luas yaitu sekitar 3.500 m × 4.800 m,lalu memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak atau kata segara yang beraeti laut dan danau dengan luas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman yaitu 230 m. Air yang mengalir dari danau ini akan  membentuk air terjun yang sangat amat indah, mengalir melewati jurang-jurang yang curam. Dan Bagian selatan danau ini disebut juga dengan Segara Endut.

Pada sisi timur kaldera terdapat juga Gunung Baru atau Gunung Barujari yang memiliki kawah dengan ukuran 170m×200 m dan dengan ketinggian yaitu 2.296 - 2376 m dpl. Gunung kecil itu terakhir meletus yaitu pada tanggal 25 Oktober tahun 2015 dan juga 3 November tahun 2015, setelah sebelumnya juga tercatat meletus pada Mei tahun 2009 dan juga pada tahun 2004. Jika letusan pada tahun 2004 tidak memakan korban jiwa, dan letusan tahun 2009 ini juga telah memakan korban jiwa secara tidak langsung sebanyak 31 orang, karena banjir bandang pada Kokok atau Sungai Tanggek akibat adanya desakan lava ke Segara Anak. Sebelumnya juga, Gunung Barujari pernah meletus pada tahun 1944 dan juga sekaligus pembentukannya di tahun 1966, dan juga tahun 1994. Selain Gunung Barujari terdapat juga pula kawah lain yang pernah meletus,yaitu yang disebut Gunung Rombongan.


Danau Sagara Anak di Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani ke arah puncak merupakan salah satu yang di jadikan objek wisata yang menjadi andalan pada kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini. Gunung Rinjani yaitu sebagai gunung vulkanik yang masih aktif dengan urutan nomor 2 tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani juga merupakan tujuan sebagian besar para-para petualang dan pencinta alam yang suka mengunjungi kawasan ini dikarenakan apabila telah berhasil mencapai puncak gunung rinjani itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pendaki. Animo komunitas pencinta alam yang ada di seluruh nusantara bahkan juga dari mancanegara dalam kegiatan pendakian ini cukup amat besar, hal ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang senang melakukan pendakian dan setiap tahunnya mengalami peningkatan.

 Kegiatan pendakian ini secara besar-besaran yang dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus, pada bulan Agustus pada pertengahan, peserta pendakian gunung rinjani umumnya didominasi oleh kalangan pelajar atau mahasiswa dari seluruh penjuru  Indonesia yang ingin sekali merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada Puncak Gunung Rinjani dan juga Danau Segara Anak dengan melalui kegiatan yang dinamakan “Tapak Rinjani” yang telah diadakan secara rutin pada setiap tahunnya oleh salah satu kelompok-kelompok pencinta alam yang ada di Pulau Lombok yang bekerjasama juga dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.
Suka artikel berjudul Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Yuk bagikan ke: