Indahnya Danau Singkarak di Ranah Minang

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Danau Singkarak ialah sebuah danau yang membentang luas  di dua yakni kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, ialah  kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar yang berada dekat dengan danau singkarak. Danau singkarak  ini memiliki luas 107,8 km² dan danau singkarak ini merupakan danau terluas ke 2 di pulau Sumatera. Danau singkarak  ini merupakan danau  hulu Batang Ombilin. Namun sebagian air danau singkarak ini dialirkan melalui tempat yaitu terowongan yang menembus Bukit Barisan dan menjalar ke Batang Anai untuk menggerakkan pembangkit listrik atau generator PLTA Singkarak yang terletak di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman sumatra barat.


Danau Singkarak

Danau Singkarak ini ialah merupakan salah satu hasil dari suatu proses tektonik yang sudah  dipengaruhi oleh suatu Sesar Sumatra. Danau singkarak ini  merupakan bagian dari Cekungan danau Singkarak ke Solok yang termasuk juga di antaranya segmen dari suatu Sesar Sumatra. Cekungan dari danau singkarak ini sudah terbentuk dari sebuah bolongan yang disebabkan dari  aktivitas pergerakan Sesar di pulau Sumatera. Cekungan yang berbentuk besar ini sudah terbendung oleh material dari vulkanik yang berasal dari letusan gunung api di sekitarnya.

Akibat yang di timbulkan dari pembendungan material yang berupa vulkanik ini terbentuklah suatu danau baru yang bernama  Danau maninjau di satu bagian Cekungan Singkarak yang terdapat di daerah solok. Yang Berbeda dengan Danau Maninjau  ialah yang terbentuk akibat letusan dari gunung api, Danau Singkarak sudah terbentuk dari utamanya karena adanya proses tektonik.Dengan adanya 19 spesies atau jenis ikan yang sedang hidup di Danau Singkarak tersebut sudah menunjukkan keanekaragaman dan bermacam-macam ikan di tempat danau singkarak itu tidak telalu tinggi.Di liat dari Kondisi mesogotrofik Danau Singkarak tersebut yang menyebabkan daya untuk mendukung habitat ini harus perkembangan dan pertumbuhan atau perkembangan organisme airnya seperti contoh plankton dan betos, sangat amat terbatas.

No comments: