Inilah 3 Primadona Budaya di Jember

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jember adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Jember sendiri memiliki berbagai macam budaya yang tidak kalah dengan budaya yang ada di Indonesia. Inilah budaya primadona budaya yang ada di Jember.

1. Tari Jaran Kencak

Tari Jaran Kencak

Jaran Kencak atau dalam bahasa indonesia artinya kuda menari merupakan salah satu warisan budaya dan seni andalan dari masyarakat Jember. Tarian Jaran Kencak ini biasanya dimainkan oleh masyarakat Jember Selatan apabila terdapat gelaran hajatan untuk menghibur para tamu undangan. Kuda atau Jaran (Bahasa Jawa) yang dipakai bukanlah sembarang Kuda. Kuda ini mampu menari mengikuti sebuah irama lagu yang dimainkan oleh pengiringnya. Sebagai penyemarak penampilan, kuda tersebut akan diberi aneka macam hiasan yang telah dihias sedemikian rupa.

2. Tari Lah Baco

Tari Lah Baco

Jember merupakan daerah penghasil tembakau di Indonesia yang memberikan inspirasi bagi para seniman dalam menciptakan sebuah tarian. Terciptalah tarian yang diberi nama Tari Lah Baco. Tarian ini menggambarkan para petani tembakau di daerah Jember yang memiliki kebiasaan yang unik saat bercocok tanam, mengolah tembakau, dan sampai dengan proses pengemasan tembakau. Kostum dari para penari ini menggambarkan suburnya tanaman tembakau yang tumbuh di Kabupaten Jember.

3. Musik Kendang Patrol

Musik Kendang Patrol

Pada saat bulan Ramadhan tiba, biasanya akan terdengar alunan syahdu dari musik tetabuhan yang diamainkan oleh para pemuda desa dalam membangunkan masyarakat yang akan melaksanakan sahur. Alat musik yang biasa dimainkan terbuat dari kayu nangka, kayu nangka dipilih dikarenakan memiliki suara yang sangat khas ketika ditabuh. Tradisi ini telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Jember. Sampai  saat ini, musik patrol menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan.

No comments: