Inilah Jenis-jenis Gasing



Gasing atau yang disebut Gangsing adalah mainan yang dapat berputar pada poros serta berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tradisional tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih dapat dikenali. Selain merupakan mainan untuk anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan sebagai alat untuk berjudi dan ramalan nasib.

Gasing ternyata memiliki berbagai macam jenis-jenisnya, penasaran apa saja jenis-jenis gasing yang ada di Indonesia, berikut ini adalah jenis-jenis gasing :
.

A.  Gasing Kayu

Gasing Kayu

Sesuai dengan namanya, gasing ini terbuat dari bahan kayu yang keras, umpamanya dari kayu petai cina, rukam, kemining, jeruk dan lain-lainnya. Bentuk gasing ini berbentuk gici kecil atau seperti buah bengkuang. Pada bagian atas akan diberi kepala untuk melilitkan tali pemutar gasing, untuk bagian bawah akan ditancapkan paku atau besi runcing sebagai taji untuk digunakan melukai atau merusak keseimbangan dari gasing lawan. 

Permainan gasing ini pada umumnya akan dimainkan ditanah yang keras untuk jenis permainan gasing adu, sedangkan akan menggunakan lantai yang licin untuk jenis permainan tahan lama berputar. Permainan gasing adu, biasanya akan dibuat suatu arena tertentu, dilokasi inilah para penggasing berkumpul untuk mengadukan gasingnya. 

Didalam pertandingan, gasing yang dinyatakan pemenang adalah gasing yang dapat tahan berputar apabila dipukul oleh lawan dan bila kemudian dia memukul lawan jatuh atau mati. Pertandingan gasing ini dilakukan perpasangan yang memang diadu dengan yang menang. Bagi para penggasing yang handal atau terampil biasa akan mencari lawan untuk bertanding gasing keluar dari daerahnya
.

B. Gasing Paku Berindu

Gasing Paku Berindu

Gasing Paku Berindu ini terbuat dari buah paku bindu (biji pakis) dan bilah bambu berwarna kuning muda. Teknik dalam membuat gasing ini adalah dengan cara diraut, dikorek, dan dilobangi, dengan memakai pisau untuk mengupas serta meraut buah paku bindu dan lidi untuk mencukil isi buah. Dahulu kala gasing ini biasanya dimainkan dilantai rumah oleh para anak laki-laki atau perempuan Suku Melayu Bengkulu, dengan cara diputar dengan tangan diwaktu senggang.

C. Gasing Buah Parah

Gasing Buah Parah terbuat dari buah parah atau biji karet, bilah bamboo dan benang, warna coklat tua dan kuning muda. Teknik dalam membuat gasing ini adalah dengan cara diraut dan dikorek, dengan memakai pisau untuk meraut bilah dan melubangi biji buah parah, lidi sebagai alat mengeluarkan isi atau biji buah parah dan melubangi bilah baling-baling dengan menggunakan besi panas. Dahulu kala gasing ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki atau perempuan Suku Melayu Bengkulu tempo dulu, dengan cara menggulung benang terlebih dahulu dan kemudian sekali ditarik sekali dilumbar.

D. Gasing Bambu

Sesuai dengan namanya gasing ini terbuat dari bambu dan tali, warna kuning muda, merah hijau, orange dan merah. Teknik dalam membuat gasing adalah dengan menggunakan gergaji untuk memotong bamboo, kemudian menggunakan pisau untuk meraut bilah dan besi panas untuk melubangi bilah. Dahulu kala gasing ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki Suku Melayu Bengkulu. Gasing ini dapat dimainkan dilantai rumah atau di tempat yang rata dan licin, dengan cara diputar menggunakan seutas tali.

E. Gasing Pinang

Gasing Pinang ini terbuat dari buah pinang dan lidi bambu, warna coklat tua dan kuning muda. Teknik dalam membuat gasing ini adalah dengan menggunakan pisau untuk mengupas buah pinang dan meraut lidi bambu dan palu untuk memukul lidi bambu untuk ditancapkan pada pinang. Dahulu kala gasing ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki atau perempuan Suku Melayu Bengkulu, dilantai rumah dengan cara diputar dengan menggunakan tangan.

F. Gasing  Alumunium

Sesuai dengan namanya gasing ini terbuat dari logam alumunium dan benang, warna putih. Teknik dalam membuat gasing ini adalah dengan menggunakan paku untuk melubangi lempengan alumunium, palu untuk alat pemukul supaya rata, gunting sebagai pemotong dan sebuah batu asahan untuk menajamkan mata gasing. Dahulu kala gasing ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki atau perempuan Suku Melayu Bengkulu dan dapat dimainkan dimana saja.
Suka artikel berjudul Inilah Jenis-jenis Gasing, Yuk bagikan ke: