Inilah Tokoh Wayang Golek yang Terkenal

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Wayang golek merupakan seni pertunjukan wayang yang pada waktu itu popular di daerah Jawa Barat. Tokoh wayang yang ada di dalam pertunjukan ini terbuat dari kayu, yang sering dikenal dengan sebutan wayang golek papak (cepak) dan juga wayang golek purwa.

Semua tokoh yang ada di dalam sebuah cerita pada wayang golek ini akan dimainkan oleh seorang dalang. Dalang ini bertugas sebagai pemimpin dari sebuah pertunjukan dan sekaligus mengisi suara pada tokoh wayangnya serta menyanyikan lagunya.

Di dalam pertunjukannya, wayang golek ini menceritakan beragam epik terkenal di dalam budaya Jawa, yaitu seperti cerita Ramayana dan juga Mahabarata. Cerita ini kemudian disampaikan dalam bahasa Sunda yang diiringi dengan gamelan salendro, yaitu alat musik khas Jawa Barat. Selain itu juga, sejak tahun 1920-an, wayang golek ini kemudian diiringi oleh seorang sinden untuk menyanyikan lagunya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tokoh wayang golek yang paling terkenal.
Daftar Isi

1. Gatot Kaca

Gatot Kaca

Tokoh wayang ini terkenal dengan sosok yang sangat sakti mandraguna. Bahkan sampai mendapat sebuah julukan, yaitu ototnya otot kawat, tulangnya dari baja, dan dagingnya berisi besi. Degan berbagai macam ilmu yang dimilikinya seperti, aji pamungkas Krincing Wesi, seperti ilmu Brajamusti, hingga Bajingiring dan juga Garuda Ngapak, Gatot Kaca pun kemudian diangkat sebagai panglima perang di Negara Pringgadani. Berkat kemampuan dan kekuatan yang dia miliki itu, Gatot Kaca pun menjadi terkenal.

2. Hanoman

Hanoman

Sosok yang wayang satu ini juga terkenal memiliki banyak sekali kekuatan. Salah satunya adalah aji Bayu Bajra. Dengan hanya menggunakan satu pukulan, tenaga pukulan ini akan berkekuatan ratusan kali, Hanoman juga mampu mengangkat sebuah gunung untuk menjepit tubuh lawannya. Selain itu masih banyak lagi ilmu yang dimiliki hanoman, seperti ilmu Pancasona, Pancanaka, Bayu Rota, dan juga Sirna Bobot.
Advertisement

3. Arjuna

Arjuna

Arjuna adalah putra ketiga dari Dewi Kunti. Arjuna ini memiliki paras yang sangat tampan, sehingga banyak sekali wanita yang menyukainya. Meskipun begitu, Arjuna juga tidak kalah kuat dibandingkan dua tokoh sebelumnya. Arjuna memiliki banyak sekali senjata pusaka, seperti serta busur panah Pasopati, keris Pancaroba dan Ali-Ali Ampal. Dengan senjatanya inilah Arjuna menjadi tokoh yang sangat disegani.

4. Semar

Semar

Jika pada tiga tokoh wayang golek sebelumnya dikenal sebagai sosok yang sangat sakti dan memiliki banyak kekuatan, maka tokoh wayang Semar ini lebih dikenal dengan sosok yang biasa-biasa saja, namun mempunyai kebijaksanaan yang sangat luar biasa. Semar ini memiliki nama lengkap yang bernama Semar Badranaya. Wajah dari semar ini berwarna putih, warna putih ini mencerminkan hati dari seorang semar, yaitu hati bersih. Hal lain yang membuat Semar menjadi lebih mudah dikenal adalah karena bentuk tubuhnya yang unik.
Advertisement

5. Cepot

Cepot

Tokoh wayang ini merupakan anak pertama dari pasangan Semar dengan Sutiragen. Cepot memiliki seorang adik yang bernama Dewala dan Gareng. Berbeda dengan watak ayahnya yang bijaksana, Cepot ini malah memiliki watak yang sangat humoris dan suka membanyol. Meski pun begitu, Cepot tetap terlihat sosok yang memiliki hati yang baik dan juga pintar. Bahkan, Cepot tidak takut untuk membanyol di depan para raja atau dewa sekalipun.