Keindahan Bawah Laut Taman Bunaken di Sulawesi

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Taman nasional bawah laut khususnya di bunaken yang terletak di sebelah Kota Manado pulau sulawesi bagian utara, Negara republik Indonesia. Objek wisata bunaken ini merupakan salah satu perwakilan dari ekosistem di perairan tropis Negara republik Indonesia yang terdiri dari berbagai macam jenis dan beberapa di antaranya seperti contoh ekosistem hutan bakau kemudian padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir.

Kini, objek wisata bawah laut Bunaken ini tidak hanya menjadi wisata atau tempat berlibur milik masyarakat pulau bunaken yang sudah mendiaminya ataupun bisa juga masyarakat Provinsi Sultra, tetapi ia telah menjadi sebagai aset nasional pada bidang pariwisata dan telah dimiliki oleh semua orang yang mencintai akan kelestarian dan keindahan alamnya dari seluruh wilayah di Nusantara ini. Nama taman nasional Bunaken ini  sendiri merupakan nama dari sebuah pulau di kawasan dekat daerah  Manado yang mana keindahannya dan  lingkungan bawah lautnya yang memang sudah terkenal mempesona dan menjadikan nya surga bagi para penghobi selam atau bisa disebut snorkeling. Pulau yang mempunyai luas sekitaran 8,08 km persegi ini secara administratif telah termasuk dalam wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Pesonanya akan  keindahan alam bawah laut yang amat menakjubkan dan mendunia akan dapat ditemukan disini, ada sekitaran 13 jenis terumbu karang dari berbagai macam yang menjulang amat terjal dan vertikal kebawah sedalam sekitar memiliki ketinggian 25-50 meter. Dan akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitaran 91 species ikan berukuran sedang dan juga besar yang ada di dalam Taman Laut Bunaken.

Ada beberapa diantaranya species ikan tersebut ialah jenis koi putih atau Seriola rivoliana, nila gasi atau Scolopsis bilineatus kemudian gusimi lokal atau Hippocampus, lolosi ekor kuning atau Lutjanus kasmira, selanjutnya  goropa atau spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias, dan ada banyak yang lainnya. Tidak hanya itu saja di Taman Laut Bunaken ini juga telah banyak ditemukan ada beberapa jenis Moluska atau bisa disebut Hewan berbadan lunak seperti contoh ikan kepala kambing atau Cassis cornuta,kemudian  nautilus atau Nautilus pompillius dan tunikates atau bisa disebut askidian.

No comments: