Kesenian Teater Blantek dari Jawa Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Blantek merupakan kesenian tradisional yang berbentuk teater. Kesenian ini berasal dari Daerah Bogor. Bogor memang terkenal akan keseniannya, salah satunya adalah kesenian blantek atau yang sering disebut juga sebagai topeng Blantek. Asal istilah Blantek sendiri memang belum diketahui secara pasti, namun ada yang menyebutkan bahwa Blantek ini merupakan akronim dari kata Blan dan Tek. Blan adalah alat musik rebanan yang digunakan untuk mengiringi kesenian Blantek itu sendiri. Sedangkan kata tek berasal dari nama salah satu rebana di kesenian blantek, yaitu bernama kotek.

Kesenian Blantek diawali dengan penyajian lagu-lagu dzikir yang kemudian diiringi rebana, dimana syairnya memakai bahasa Arab. Selanjutnya penyajian lagu gending jiro yang diiringi oleh musik Blantek. Selain itu juga ditampilkan lagu ketuk tilu dan kliningan, bahkan pada saat ini kesenian POP dan Dangdut telah memberikan pengaruh bagi kesenian Blantek ini, sehingga tidak jarang dalam kesenian ini menampilkan lagu dangdut. Setelah itu akan ditampilkan tari Blantek dan juga ronggeng topeng dengan cerita komedi sebagai puncaknya. Cerita yang umumnya ditampilkan adalah Ngarah Barni dan juga Prabu Zulkarnaen.

Alat musik yang digunakan Ddlam kesenian Blantek ini adalah rebana, Kecrek, Goong, Kendang, rebab atau Jihan, dan sebagainya. Untuk saat ini alat musik kesenian blantek biasanya ditambah dengan alat musik diatonis, seperti keyboard, bass, dan gitar. Kesenian ini umumnya juga ditampilkan pada acara hajatan.

No comments: