Kopi Joss Arang Dari Yogyakarta



Berkunjung ke Kota Istimewa Yogyakarta merupakan pengalaman yang paling tidak ada duanya. Yogyakarta, kota yang terkenal akan dengan sebutan Kota Pendidikan ini menjadikannya objek favorit untuk menghabiskan liburan di  akhir pekan. Kopi Joss, Kopi paling Unik Khas kota Yogyakarta. Ada pepatah "Menang jadi arang, kalah jadi abu", itulah peribahasa yang tepat yang tak berlaku jika sedang mengunjungi kota Yogyakarta. Jika berjalan menyusuri jalan Malioboro hingga ke Stasiun Tugu, ada sebuah arang yang ternyata bisa dinikmati dan unik.

Jika membicarakan dunia kuliner di Jogja, rasanya belumlah lengkap jika belum memasuki angkringan. Bisa dibilang angkringan ini adalah salah satu kuliner yang cukup amat populer dan bertebaran di seluruh kota Jogja. Di sebelah utara Stasiun Tugu dapat menemukan sebuah angkringan, yaitu tempat kuliner khas Yogyakarta dengan sebuah tikar diseberang jalan, serta lampu remang-remang tapi syahdu.

Angkringan yang berjejeran, aneka ragam makanan hemat pun diangkat dari tempat penggorengan. Sajian yang diatas taplak pun beragam macamnya, namun salah satu yang menjadi pusat perhatian ialah kepulan asap yang tinggi yang berasal dari arang yang sedang bakar dan dikipas. Satu per satu, arang akan dimasukan kedalam segelas kopi yang hitam. Secara penampilan, kopi hitam ini tidak bedanya dari menu-menu kopi pada umumnya yang sudah ditemui.

Kopi Joss Asal Yogyakarta

Namun itu, resep rahasia yang sudah ada dan telah diracik sejak puluhan tahun yang lalu itu berhasil memberi rasa yang amat menarik di menu ini yakni dengan memasukan arang yang panas kedalam segelas kopi hitam tersebut. Dan, ketika diseruput sedikit, kuatnya rasa kopi yang berpadu dengan aroma bakar yang benar-benar perpaduan rasa kopi yang nikmat dan tak mampu atau tak sanggup untuk ditolak. Aroma bakar ini seolah-olah menambah akan kekuatan rasa pada kopi hitamnya dan membuat rasanya semakain menjadi lebih nikmat.

Kopi yang ditambahkan arang kedalam gelasnya ini disebut denagn nama Kopi Joss. Selintas, kopi joss ini tampak sangat berbahaya dikarenakan menambahkan arang yang masih menyala-nyala di dalamnya. Dan Tetapi, begitu dinikmati rasa kenikmatanya pada kopi joss seketika akan terasa enak. Kopi Joss ini sangat amat pas untuk dinikmati di segala macam suasana, terutama pada sore menjelang malam hari atau lebih nikmatnya dinikmati pada saat malam hari dan sudah dijamin bakal ketagihan. Jejeran angkringan di sebelah utara di Stasiun Tugu ini rata-rata menjajakan Kopi Joss yang nikmat.

Suka artikel berjudul Kopi Joss Arang Dari Yogyakarta, Yuk bagikan ke: