Makanan Rawon Dari Jawa Timur



 Rawon ialah masakan dari Indonesia yang berupa sup daging berbentuk berkuah hitam sebagai salah satu campuran bumbu khas yang telah mengandung kluwek. Rawon ini, meskipun dikenal sebagai masakan khas dari Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah yang berada disebelah timur lebih tepatnya daerah Surakarta. Sementara itu mengenai sejarah makanan rawon ini belum jelas dari mana asal-usulnya.  Tapi banyak yang berkata bahwa rawon ini merupakan makanan raja-raja pada zaman dulu yang  bermula dari makanan rakyat jelata pada saat itu.

 Makanan Rawon

Makanan Rawon sendiri kini menjelma menjadi makanan yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan rawon kini telah  terkenal hingga ke mancanegara, di luar negeri makanan rawon disebut juga sebagai black soup. Kuah hitam pada makanan rawon berasal dari kluwek. Rawon pada umumnya yang terdiri dari daging dan juga kuah hitam yang cocok jadi lauk lezat menggugah selera. Namun pada kini rawon disajikan sesuai dengan selera. Bagi penyuka rasa pedas, rawon juga bisa disajikan dengan rasa yang amat  pedas.

Tak heran juga jika kini banyak tempat-tempat  makan yang menawarkan makanan rawon setan yang memiliki cita rasa yang pedas. Jika ingin mencicipinya tapi bingung mau beli makanan rawon dimana, bisa membuatnya di rumah.
cara Membuat rawon ilah sebagai berikut:

1. Pertama Masak daging bersama daun salam, lalu serai, lengkuas, dan juga daun jeruk sampai empuk dan matang.
2. Kemudian Angkat daging, lalu potong hingga kecil-kecil. Kemudian itu saring rebusan, dan didihkan lagi bersama irisan daging.
3. Selanjutnya Panaskan minyak,lalu  tumis bumbu halus bersama irisan daun bawang sampai berasa harum dan juga  matang.
4. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu daging yang telah di masak. lalu Masak dengan api kecil sampai mendidih kembali.
5. Tuang makanan rawon kedalam sebuah mangkuk, taburkan juga tauge pendek di atasnya.dan Sajikan bersama nasi yang hangat, lalu telur asin dan sambal.

Suka artikel berjudul Makanan Rawon Dari Jawa Timur, Yuk bagikan ke: