Makanan Rujak Cingur dari Jawa Timur



Rujak cingur ialah salah satu makanan tradisional yang sangat mudah ditemukan di daerah provinsi Jawa Timur, terutama pada daerah asalnya yaitu Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur yang berarti "mulut", hal tersebut merujuk pada bahan irisan di mulut atau moncong hewan sapi yang direbus dan juga dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur ini biasanya terdiri dari irisan-irisan beberapa jenis buah seperti contoh timun,lalu kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas dari Jawa Timur), bengkuang,kemudian mangga muda, lalu nanas, kedondong, kemudian ditambah lagi lontong, dan tahu, tempe, bendoyo,juga cingur, serta sayuran seperti contoh kecambah/taoge,lalu kangkung, dan kacang panjang.

Semua bahan tersebut dicampur dengan saus atau bumbu-bumbu yang telah terbuat dari olahan petis udang, dan air matang untuk sedikit mengencerkan, gula atau gula merah, cabai,dan kacang tanah yang digoreng, bawang goreng,lalu garam, dan irisan tipis pisang biji-biji hijau yang masih muda atau pisang klutuk. Semua itu saus/bumbu dicampur juga dengan cara diulek, itu sebabnya makanan rujak cingur juga sering disebut dengan rujak ulek. Dalam penyajiannya makanan rujak cingur itu dibedakan menjadi dua macam, yakni penyajian yang'biasa' dan juga'matengan'.

 Penyajian 'biasa' atau umumnya, berupa semua bahan yang telah disebutkan di atas, sedangkan 'matengan' yang berarti matang, Jawa. hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo atau kerahi yang digodok dan sayur (kangkung, kacang panjang, taoge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan 'mentah'nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada salah satu orang yang tidak menyukai buah-buahan. dan Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.


Rujak Cingur

 Makanan ini disebut rujak cingur dikarenakan bumbu olahan yang digunakan ialah petis udang dan irisan berupa cingur. Hal ini yang membedakannya dengan makanan rujak pada umumnya sudah yang biasanya tanpa menggunakan bahan seperti cingur tersebut. Rujak cingur biasanya disajikan dengan tambahan seperti kerupuk, dan dengan alas pincuk atau daun pisang atau juga piring. Berikut bahan-bahan yang di gunakan.

    1. 300 gr cingur ( tulang rawan hidung sapi )
    2. 60 gr kangkung rebus ( dicuci bersih ) kemudian
    3. 60 gr tempe goreng
    4. 60 gr toge yang sudah bersih ( di rebus )
    5. 60 gr tahu goreng (di potong dadu ) dan
    6. 100 gr kacang panjang rebus (di potong-potong )
    7. 1 buah mentimun ( dipotong-potong )
    8. 60 gr buah mangga muda (di potong dadu )
    9. 75 gr bengkuang (di potong dadu )
    10. 75 gr kedondong (di potong dadu )

Bahan Sambal Petis pada rujak cingur :

    1. 2 sendok makan petis udang
    2. 10 buah cabe rawit
    3. 2 sendok makan kacang tanah goreng
    4. 1 sendok makan asam jawa
    5. 1/2 sendok teh terasi goreng
    6. 1 buah pisang klutuk ( iris iris )
    7. garam secukupnya
    8. gula secukupnya
    9. penyedap rasa secukupnya
        air secukupnya

Bahan Pelengkap :

    1. bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Rujak Cingur khas Surabaya :
Pertama semua bahan sambal dicampur menjadi satu lalu dihaluskan kemudian siapkan mangkuk untuk   menyajikan rujak cingur dan masukkan semua bahan kedalam mangkuk saji lalu disiramkan rujak cingur dengan kuah sambal petis kemudian sajikan rujak cingur dengan taburan bawang goreng.

Suka artikel berjudul Makanan Rujak Cingur dari Jawa Timur, Yuk bagikan ke: