Makanan Sate Khas Madura



Sate kemudian satay atau bisa juga satai ialah makanan yang terbuat dari potongan-potongan daging ayam, kambing,lalu domba, sapi, kemudian babi, ikan, dan lain-lain yang telah dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate biasanya dibuat dari bahan berupa bambu, kemudian dibakar dengan menggunakan bara arang batok. Sate tersebut kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu-bumbu dan tergantung pada variasi resep sate yang digunakan.

Makanan Sate telah diketahui berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Tetapi sate juga sangat populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti negara Malaysia, Singapura, lalu Filipina dan Thailand. Sate juga sangat  populer di nrgara Belanda yang telah dipengaruhi masakan dari Indonesia yang dulunya merupakan koloninya.Dalam Versi Jepang disebut yakitori. Diduga makanan sate ini diciptakan oleh pedagang makanan-makanan di jalanan di pulau Jawa sekitar awal abad ke 19, berdasarkan faktanaya bahwa makanan sate ini mulai populer sekitaran awal abad ke 19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang yang berasal dari Arab ke negara Indonesia.


Makanan Sate 

Hal ini pulalah yang menjadikan alasan untuk populernya penggunaan pada daging kambing dan juga domba sebagai bahan pembuatan sate  yang sangat disukai oleh warga  keturuana dari Arab. Sate Madura ialah sate khas Madura yang biasanya terbuat dari daging ayam. pulau Madura selain terkenal denagn  pulau garam, juga terkenal akan makanan satenya. Sate madura ini sudah terkenal di seluruh pulau di Nusantara, Sate Madura ini dapat ditemukan hampir di semua tempat khususnya di kota-kota besar seperti kota Medan, Jakarta,lalu Bandung, dan Surabaya. Konon katanya di pulau  Madura sendiri makanan sate ini susah dicari. Tetapi selain daging ayam sebagai bahan utama dari sate juga ada yang bisa menggunakan daging kambing yang ditandai dengan adanya gantungan bagian kaki belakang kambing di borong sang penjual makanan sate. Bumbu dari sate adalah campuran dari kacang yang ditumbuk sampai halus petis dan sedikit dicampur bawang merah. Memanggang sate pun dengan api dari batok kelapa yang sudah dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan nama arang batok kelapa. Barulah makanan sate dapat disajikan di atas meja konsumen atau pembeli.

Suka artikel berjudul Makanan Sate Khas Madura, Yuk bagikan ke: