Melasti, Tradisi Penyucian Diri Umat Hindu



Sebelum melaksanakan ibadah Tawur Kesanga dan juga Catur Bhrata Penyepian atau Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka, umat Hindu yang ada di seluruh dunia akan melaksanakan suatu ritual wajib, yaitu Melasti atau Mekiyis. Ritual ibadah ini biasanya akan dilaksanakan di pura yang berdekatan dengan sumber air kehidupan (tirta amertha), seperti di laut, danau, ataupun sungai.

Melasti ini dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amertha yang memiliki arti menghanyutkan atau membuang segala kotoran alam dengan menggunakan air suci. Kotoran yang dimaksud ialah segala kotoran (dosa), baik itu di dalam diri manusia (wan alit) maupun yang ada di dunia (wan agung). Selain itu juga, Melasti dilakukan sebagai wujud membersihkan Pralingga atau sebuah alat-alat persembahyangan.

Sebelum melaksanakan ritual Melasti, biasanya umat Hindu akan terlebih dahulu melaksanakan persembahyangan yang dipimpin oleh seorang Romo dan juga Pinandita. Romo dan Pinandita ini akan memimpin doa-doa serta membacakan kitab yang akan didengar seluruh umat Hindu. Ibadah ini hanya cukup dilaksanakan dalam satu kali gelombang peribadatan. Setelah selesai melaksanakan pembacaan doa-doa, bersama dengan Pinandita lainnya, kemudian mereka akan menuju laut untuk melaksanakan ritual yang bernama Melasti sembari membaca doa-doa.

Setelah berada di tengah laut, pemimpin ritual akan melarung sesaji yang berupa hewan ternak, seperti ayam dan bebek, serta bunga yang akan diletakkan pada bagian atas anyaman pandan sembari membacakan doa-doa. Kemudian Pinandita akan mengambil air laut tersebut dan akan digunakan untuk menyucikan umat Hindu dan juga Pralingga.

Upacara Melasti ini merupakan ritual ibadah yang dilaksanakan hanya satu tahun sekali sebelum umat Hindu menyambut Tahun Baru Saka dan juga melaksanakan ibadah Tawur Kesanga. Makna dari upacara melasti adalah sebagai proses pembersihan diri lahir batin manusia dan alam.
Suka artikel berjudul Melasti, Tradisi Penyucian Diri Umat Hindu, Yuk bagikan ke: