Mengenal Candi Badut di Kota Malang



Candi Badut terletak di Desa Karang Besuki, kecamatan Sukun, kota Malang, Jawa Timur. Candi ini ditemukan pada tahun 1921 dan dipugar pada tahun 1923 sampai 1926 oleh Dinas Purbakala di bawah kepimpinan F.D.K. Bosch dan B. de Haan. Rekonstruksi Candi Badut ini terbatas pada bagian kaki atau lapik dan tubuh candi.

Candi Badut bersifat Hindu-Siwa. Terdapat arca Agastya direlung sebelah kanan, arca Durga Mahisasuramardini disebelah utara dan sisa-sisa lingga-yoni berada di garbhagrha (ruangan candi).

Purbatjaraka mengaitkan Candi Badut ini dengan prasasti Dinojo yang ditemukan di sebuah Desa Merjosari. Prasasti ini berbahasa Sansekerta dengan menggunakan aksara Jawa Kuno berangka tahun 682 Saka atau 760 Masehi yang menceritakan seorang raja Gajayana dari kerajaan Kanjuruhan yang sedang memperingati pembuatan Arca Agastya dari sebuah batu hitam sebagai pengganti arca Agastya yang terbuat dari sebuah kayu cendana. Pada prasasti tersebut terdapat kata lisva yang dapat berarti tukang komedi atau badut.

Candi Badut ini menghadap ke barat dengan tiga candi perwara dan berdenah bujur sangkar dengan Bergaya Klasik Tua. Ragam hias yang serupa pola kertas temple menghiasi dinding-dinding candi mirip dengan hiasan yang ditemukan di Candi Sewu dan Candi Mendut.

Suka artikel berjudul Mengenal Candi Badut di Kota Malang, Yuk bagikan ke: