Mengenal Filosofi dari Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)



Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau SH Terate merupakan salah satu perguruan pencak silat ternama di Indonesia. Pencak silat ini memiliki lambang yang sangat khas seperti lambang hati, garis merah tegak, senjata, bunga terate, berwarna hitam, dan lambang yang memiliki sudut segi empat. Lambang tersebut memiliki filosofi, berikut ini adalah konsep dan filosofi dari lambang pencak silat Setia Hati Terate :

1. Segi Empat

Segi empat panjang dalam lambang perguruan SH Terate ini bermakna Perisai, perisai ini dapat berarti benteng atau sebuah petahanan diri, seorang Warga (sebutan anggota) SH Terate harus dapat membentengi dirinya sendiri dari segala macam bentuk ancaman jasmani dan rohani. segi empat panjang ini juga melambangkan 4 arah mata angin dan ditambah lagi 1 sebagai porosnya

2. Warna Hitam

Warna Hitam bermakna kekal dan abadi. Sesuai dengan semboyannya, yaitu Selama Matahari  bersinar, selama Bumi masih dihuni oleh Manusia, semoga Setia Hati tetap jaya, kekal dan abadi selama-lamanya.

3. Persaudaraan

Konsep dari kata "Persaudaraan" ini dapat diterjemahkan sebagai persaudaraan kepada semuanya, mengungkapkan sebuah visi dan misi bahwa semua orang merupakan saudara dan saudari. Konsep dari kata "Saudara" diterjemahkan baik sebagai saudara dan adik.

4. Setia Hati

Konsep dari kata "Setia Hati" dapat diterjemahkan sebagai setia pada hatinya sendiri. Ini menyiratkan bahwa kita diharuskan untuk selalu jujur ke​​pada hati seseorang dalam semua keputusan hidup.

5. Hati Bersinar

Lambang Hati bersinar bermakna sinar yang berasal dari hati, sinar ini adalah sebuah representasi simbolis dari konsep persaudaraan. Warna putih dalam lambang hati ini melambangkan sebuah cinta dan juga kebersihan batin. Warna merah di garis lambang hati ini merupakan simbol dari pertahanan diri.

6. Terate

Bunga Teratai merupakan sebuah bunga yang dapat hidup didarat maupun  di air. Ini melambangkan ketekatan, ketahanan dan juga kemampuan daam beradaptasi. Bunga teratai ini dapat berkembang di segala kondisi, maupun di udara dan di air.

7. Garis Merah Tegak

Garis merah tegak bermakna jalan yang lurus, yaitu melambangkan sebuah pertumbuhan mental dan juga spiritual bagi siswa dan juga Warga PSHT yang lurus serta menegakkan kebenaran.

8. Senjata

Pada bagian bawah lambang ini terdapat sejumlah senjata yang berwarna kuning melambangkan jalur fisik seseorang yang harus mengikuti sehingga mencapai pertumbuhan rohani dalam keimanan.
Suka artikel berjudul Mengenal Filosofi dari Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Yuk bagikan ke: