Mengenal Macam-Macam Batik Bandung

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bandung merupakan kota periang yang banyak memiliki sejarah. Kabupaten bandung ini sendiri lebih dikenal dengan sebutan kota kembang. Wilayah Kabupaten Bandung saat ini telah terbagi menjadi beberapa wilayah kabupaten dan juga kota, namun yang masih menggunakan nama bandung hanya terdapat tiga, yaitu Kota bandung (Kota Kemabang), Kabupaten Bandung dan juga Kabupaten Bandung Barat, sisanya menggunakan nama daerah baru, seperti Kotif Cimahi dll.

Kabupaten Bandung memiliki motif-motif Batik tersendiri yang menjadi ciri khas daerahnya. Motif batik ini mempunyai kaitan yang sangat erat dengan kerajaan Pajajaran. Konon katanya di dalam naskah kuno yang berjudul Siksa Kanda Ing Karesian, sudah di kenal berbagai macam motif batik di Rakean Darma siksa (1175 sampai 1297). Motif-motif batik ini diantara adalah motif Kampuh Jayati, Ragen Penganten, dan lainnya. Namun sayang motif-motif ini hilang bersamaan dengan lenyapnya kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar pada tahun 1579.

Sementara itu terdapat juga beberapa motif yang berhasil direka ulang, seperti motif kembang Muncang Jayanti, Ragen Penganten, dan Banyak Ngantrang, yang kemudian dikenal sebagai motif batik Pakuan Pajajaran. Motif-motif inilah yang kemudian diterapkan pada batik Kabupaten Bandung. Selain itu juga muncul motif-motif baru yang diambil dari salah satu tempat olahraga yang populer, tepanya di stadion Jalak Harupat yang sering digunakan sebagai kandang dari klub-klub sepak bola di Jawa Barat seperti persib.