Mengenal Paseban, Batik Khas Kuningan



Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di wilayah propinsi Jawa Barat. Kabupaten Kuningan ini memiliki motif batik yang sangat khas, sehingga batik dari kuningan ini di kenal dengan sebutan batik Paseban Kuningan. Batik Paseban Kuningan diproduksi di sebuah daerah yang bernama Cigugur. Yang membuat dan mendesain motif-motif batik kuningan ini adalah seeorang Pangeran yang bernama Djatikusumah.

Dengan mendalami seni yang tersurat dalam ukiran dan juga relief gedung Paseban, Pangeran Djatikusumah ini melakukan sebuah penelusuran batik Paseban yang dianggap telah  punah. Dengan motif yang besar dan tanpa menggunakan isen-isen dengan berwarna gelap, seperti warna biru tua, hitam dan juga merah hati, menjadikan komposisi dari batik Paseban kuningan ini menjadi unik. Kabupaten Kuningan juga memiliki berbagai macam motif pada batiknya, seperti Motif Ikan Dewa, Bokor, oyod mingmang, dan juga rereng pwah aci, motif-motif inilah yang merupakan bagian dari motif Paseban Kuningan yang telah menjadi ikon kabupaten kuningan.

Harga batik kuningan ini berkisar antara Rp. 75.000 sampai dengan Rp. 250.000. Untuk mendapatkan batik asli dari paseban kuningan ini, anda dapat datang ke tempat produksinya di alamat di Taman Ciharendong A27 Kuningan, disini anda juga dapat melihat proses produksi dalam pembuatan batik paseban kuningan.

Suka artikel berjudul Mengenal Paseban, Batik Khas Kuningan, Yuk bagikan ke: