Mengenal Saronen Alat Musik Tiup dari Madura


Mengenal Saronen Alat Musik Tiup dari Madura

Selain terkenal sebagai pulau penghasil garam, Madura juga mempunyai satu alat musik tiup yang sangat khas, yang bernama Saronen. Saronen ini biasanya terbuat dari kayu jati dengan panjang 40 cm. Secara fisik, alat musik Saronen berbentuk kerucut yang memiliki tujuh lubang, enam lubang diantaranya berderet di depan dan satu lubang sisanya berada di bagian belakang badan Saronen.

Pada bagian badan Saronen, terdapat juga gelang-gelang kuningan kecil dan berfungsi sebagai penghubung antara bagian kayu dengan bagian besi baja yang tahan karat. Uniknya, dibagian pangkal yaitu tempat untuk meniup terbuat dari daun aren. Tidak hanya itu dibagian ini juga terdapat sebuah sayap yang terbuat dari tempurung kelapa yang berbentuk seperti kumis peniup alat musik Saronen ini.

Saronen umumnya dimainkan di dalam sebuah grup musik yang terdiri dari berbagai macam alat musik seperti ketuk, kenong, kendhang, kempul, dan juga gong. Alat musik ini memiliki karakter suara yang nyaring, melengking, parau, dan juga meliuk-liuk. Dalam sebuah perainan grup musik, Saronen ini dimainkan secara spontan dan tanpa terikat pada suatu pola tertentu.

Biasanya Saronen ini dimainkan pada saat pertandingan Kecantikan Sapi Betina, pertandingan Karapan Sapi atau  pada acara arak-arakan adat. Eksistensi dari alat musik Saronen sangat populer di Madura. Saronen juga populer di sebuah kawasan pantai Utara Jawa Timur yang mayoritas dari penduduknya masih berdarah Madura.

Suka artikel berjudul Mengenal Saronen Alat Musik Tiup dari Madura, Yuk bagikan ke: