Mengenal Tahapan-Tahapan Nyepi Umat Hindu di Bali



Umat Hindu di Bali telah melaksanakan Catur Brata Penyepian yang terdiri dari amati geni (tidak berapi-api atau tidak menggunakan dan atau menghidupkan api atau lampu), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian) dan juga amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Pulau Bali ini akan beristirahat total selama satu hari penuh yang keesoknya dilanjutkan dengan kegiatan ngembak geni yaitu kegiatan Dharma Santi atau bersilaturahim untuk saling memaafkan, Tapi terdapat yang berbeda pada nyepi tahun ini, dimana nyepi tahun ini bertepatan dengan kejadian Gerhana Matahari Total. Bagi Umat Hindu yang ada di Bali, kejadian Gerhana Matahari Total ini merupakan momen yang tidak akan dapat dilupakan.

Prosesi Melasti di Laut

4 (Empat) atau 3 (tiga) hari sebelum Nyepi, umat agama hindu di Bali akan melaksanakan kegiatan Melasti, yaitu dimana melasti merupakan upacara yadnya yang tujuannya untuk meningkatkan keheningan pikiran dalam menyambut hari raya Nyepi yang proses pelaksanaannya bisa dilakukan dilaut, danau, ataupun sumber air yang disucikan untuk (memohon) tirtha amertha.

Setelah Upacara Melasti dilaksanakan, maka satu hari sebelum menjelang hari Raya Nyepi, yaitu tilem sasih kesanga (bulan mati yang ke-9) akan dilaksanakan Upacara Tawur (Pecaruan) yang dilaksanakan dari keluarga, banjar, desa, dan seterusnya yang mempunyai tujuan untuk menghilangkan segala kekotoran (leteh) dan diharapkan sirna semuanya.

Dalam rangkaian Mecaru ada proses pengerupukan, yaitu dimana setiap keluarga akan mengelilingi rumah, membawa obor dan membunyikan benda-benda apa saja sampai bersuara gaduh serta dilanjutkan dengan acara pawai ogoh-ogoh, ogoh-ogoh ini merupakan simbol dari sifat-sifat jahat yang ada di dalam diri manusia yang nantinya sehabis dari rangkaian pawai akan di bawa ke kuburan desa dan selanjutnya akan dibakar. Dengan dibakarnya ogoh-ogoh ini, diharapkan sifat-sifat keraksasaan yang ada dalam diri manusia sirna. Satu hari setelah nyepi dinamakan dengan Ngembak Geni, yaitu dimana para umat hindu akan melakukan dharma santi dan juga berkunjung ke rumah sanak keluarga.
Suka artikel berjudul Mengenal Tahapan-Tahapan Nyepi Umat Hindu di Bali, Yuk bagikan ke: