Minuman Aia Kawa Khas Minangkabau



Aia Kawa atau juga Kawa Daun ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan daun kopi yang diseduh dengan air yang panas, layaknya seperti sebuah teh. Sejarah dari Kawa Daun dimulai pada zaman Belanda. Tepatnya disaat ada kegiatan tanam paksa. Pada saat itu, penduduk di Sumatera Barat dilarang menikmati atau mengolah biji kopi untuk konsumsi secara pribadi. Meskipun dipaksa untuk menanamnya untuk kepentingan perdagangan pihak Belanda. Untuk memenuhi keinginan meminum kopi, maka dari itu dijadikanlah dedaunan kopi ini sebagai pengganti biji kopi yang amat masih dipercaya mengandung zat cafein.

 Diawali yakni dari pemilihan daun kopi lalu setelah itu dikeringkan dengan cara yakni disangrai selama kurang lebih 12 jam. Daun kopi yang telah selesai disangrai kemudian itu diseduh layaknya teh. Pada saat akan diminum, daun kopi dicampur dengan air dingin lalu setelah itu disiram dengan air panas. Bagi yang ingin rasa manis, bisa ditambahkan gula. Kawa Daun akan menjadi semakin terasa amat nikmat diminum jika ditemani dengan cemilan gorengan ataupun panganan kecil lainnya.

Minuman Aia Kawa

 Saat penyajiannya, tidak menggunakan gelas, melainkan menggunakan tempurung kelapa yang sudah dibelah menjadi dua yang diberi tatakan yang terbuat dari bambu dan sekaligus menjadi wadahnya. Untuk membuat segelas minuman seduhan Aia Kawa ini hampir mirip dengan membuat minuman air teh. Bedanya ialah Aia Kawa  ini dibuat dari daun kopi yang berjenis lokal yang tidak diketahui variannya.

Suka artikel berjudul Minuman Aia Kawa Khas Minangkabau, Yuk bagikan ke: