Minuman Bajigur Khas Sunda




Bajigur ialah minuman tradisional khas dari masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Bahan utamanya ialah  gula aren dan juga santan. Untuk menambah kenikmatannya dicampurkan pula sedikit jahe, lalu garam, dan juga bubuk vanili. Minuman yang harus disajikan hangat ini biasa dijajakan bersama dengan minuman Bandrek, lalu kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain-lain sebagainya dalam satu gerobak yang menjual. Dalam penyajiannya, kadangkala minuman ini ditambah dengan sedikit kolang-kaling atau juga biasa disebut dengan cangkaleng dalam Bahasa Sundanya yang telah diiris tipis. Bajigur ini paling pas untuk dinikmati kala musim hujan ataupun cuaca dingin.

Seiring perkembangan zaman, minuman Bajigur ini dibuat dalam bentuk instan yaitu berupa bubuk yang tinggal diseduh dengan menggunakan air hangat, tujuannya ialah agar bisa dinikmati secara praktis dan kapanpun juga di manapun tanpa harus repot-repot untuk membuat Bajigur secara tradisional. Minuman bajigur yang mempunyai bahan utama yakni jahe cukup baik untuk kesehatan. Cocok juga untuk dikonsumsi pada cuaca yanag dingin. Dari berbagai penelitian, diungkapkan yakni bahwa minyak atsiri yang telah terkandung didalam jahe memiliki manfaat yakni antikuman.

Selain itu juga, jahe berkhasiat untuk menjaga kesehatan saluran pada pencernaan. Karenanya, meminum jahe yang dilakukan secara rutin dapat juga membantu agar tidak mudah terkena dari gangguan pencernaan seperti contoh perut kembung. Lebih lanjut lagi, peneliti dari India juga telah membuktikan bahwa Jehe telah  memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah yang ada didalam tubuh. Sedangkan itu dari hasil uji coba yang telah dilakukan oleh peneliti dari Jepang, diungkapkan bahwa jahe juga bisa untuk menjadi penghilang rasa sakit, lalu penurun tekanan darah, dan sekaligus juga bisa merangsang kerja jantung supaya lebih baik.

Minuman Bajigur

Sudah berabad – abad lamanya bahkan, jahe yang telah dijadikan sebagai obat anti mual. Hal ini dilakukan juga oleh para nelayan di Hongkong yang sudah sejak dulu selalu mengunyah jahe yang telah diawetkan sebagai obat pencegah mual dikarenakan mabuk laut. Bahkan juga, terdapat pula hasil dari peneliti yang telah membuktikan bahwa khasiat jahe ini ialah sebagai obat mual yang lebih baik ketimbang obat anti mual yang sudah biasa dipakai. Jadi, kalau ingin terhindar dari mual atau mabuk di perjalanan, cobalah meminum jahe hangat setengah jam sebelum perjalanan dilakukan.

Selain itu kandungan jahe, minuman bajigur juga mengandung santan. Sebagai catatan juga, santan yang  mengandung kurang lebih 15 % berupa lemak. Karenanya, sebaiknya untuk konsumsi santan ini tidak boleh berlebihan jika dilakukan pada setiap hari. Bajigur ini juga mengandung gula jawa. Penggunaan untuk gula jawa dalam minuman bajigur ini juga sebaiknya secukupnya saja dan juga  tidak terlalu manis, sehingga hal ini tidak mengurangi khasiat diminuman bajigur untuk tujuan kesehatan ini.

Suka artikel berjudul Minuman Bajigur Khas Sunda, Yuk bagikan ke: