Museum Negeri Adityawarman di Padang



Museum Adityawarman yang dibangun dengan adanya kesadaran dan perlunya sebuah wadah untuk pemeliharaan warisan budaya di Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu usaha untuk membendung mengalirnya benda – benda dari warisan budaya yang ada daerah ini keluar negeri. Dalam rangkaian kegiatan usaha untuk penyelamatan benda – benda dari warisan budaya tersebut, Kepala Perwakilan Departemen Padang dan juga Provinsi Sumatera Barat, yakni Bapak Amir Ali,telah menyampaikan hasrat dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang pada waktu itu dijabat oelh Bapak Harun Zain agar segera membangun sebuah “Balai Kebudayaan Minangkabau“, yang akhirnya telah ditanggapi oleh Direktorat Permuseuman dengan membangun sebuah bangunan museum regional.

Pembangunan museum ini yang berada di areal lebih kurang seluas 2,6 hektar dengan luas bangunannya sekarang ialah 2.854,8 m2, dan diresmikan tanggal 16 Maret tahun 1977 oleh Prof. Dr. Syarif Thayeb yang pada waktu itu menjabat sebagai kepala Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sejak saat itulah, museum ini bisa dapat menjalankan tugas dan juga fungsinya secara bertahap dan sampai saat ini sebagai museum kebanggaan masyarakat di Sumatera Barat. Selanjutnya museum ini diberi nama yakni Museum Negeri Adityawarman Sumatera Barat yang berdasarkan Surat Keputusan Menteri No.093/0/1979 tanggal 28 Mei tahun 1979.


Museum Adityawarman

Pemakaian nama Adityawarman ini mengacu pada nama besar seorang Raja Minangkabau yang berkuasa sekitar pada abad ke 14 tersebut. Setelah Otonomi daerah, untuk status Museum Adityawarman ini Tahun 2001 diresmikan dan dikelola Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan juga Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Koleksi yang telah dimiliki sampai tahun 2006 ini dapat berjumlah 5.781 buah yang terdiri dari koleksi arkeologi,lalu numismatika dan juga heraldika, keramologika,kemudian etnografika, seni rupa, teknologika, biologika,lalu geologika, historika serta juga filologika.

Suka artikel berjudul Museum Negeri Adityawarman di Padang, Yuk bagikan ke: