Museum Kapuas Raya di Kalimantan Barat



Museum Kapuas Raya ini terletah di Propinsi Kalimantan Barat, lebih tepatnya di Jl.Sintang Putussibau, Kelurahan Tanjungpuri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Museum Kapuas Raya ini dibangun atas inisatif dari Tropenmuseum di Amsterdam, yang awalnya mendirikan Pusat Kebudayaan Sintang di tahun 1822. Hal ini berawal sejarah dari Belanda yang pernah menduduki di daerah Kalimantan Barat yang mulanya pada hubungan dagang dan kemudian berlanjut kepada penguasaan daerah di Kalimantan Barat.

Ditanggal 29 September 2004, dibuatlah Dokumen Kesepakatan Nomor 751.441.75 0003 yang menyepakati tentang dibangunnya sebuah museum yang menjadi pusat dari kebudayaan di daerah Sintang sebagai sumber kebudayaan dan juga pendidikan bagi masyarakat Sintang. Dengan adanya pusat kebudayaan ini, diharapkan dapat mendorong kesadaran serta pengetahuan tentang warisan budaya.

Koleksi di Museum Kapuas Raya

Pada Museum di Kalimantan Barat ini memiliki berbagai macam koleksi, diantaranya seperti senjata (mandau), tekstil, keramik, seperangkat busana adat pengantin Dayak, Melayu dan juga Cina, seperangkat peralatan dapur di kehidupan adat Dayak, Melayu dan Cina, dan sejumlah foto sejarah Sintang zaman dahulu, serta alat musik seperti gong. Museum Kapuas Raya memiliki berbagai fasilitas, seperti ruang pameran tetap, ruang penyimpanan koleksi, ruang administrasi, ruang audiovisual, dan toilet. 

Jarak tempuh menuju Museum Kapuas Raya adalah sekitar kurang lebih 15km dari Bandara Susilo, jika dari pelabuhan sungai ringin sekitar kurang lebih 24 km dan dari terminal Sungai Durian kurang lebih 18 km

Suka artikel berjudul Museum Kapuas Raya di Kalimantan Barat , Yuk bagikan ke: