Noken, Tas Tradisional Khas Papua



Noken merupakan tas multifungsi yang dirajut dari serat kayu dan dibawa dengan cara mengaitkan di bagian atas kepala. Noken adalah salah satu warisan budaya leluhur khas Papua dan juga kegunaannya bukan hanya sebagai tas tradisional, akan tetapi bagi masyarakat Papua Noken juga sebagai sebuah sistem dan juga bagian dari kearifan lokal. Unesco menetapkan telah Noken sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Setiap suku yang ada di Papua mengembangkan desain serta rajut Noken dengan caranya masing-masing, sehingga saat ini telah dikenal 250 jenis Noken sesuai dengan jumlah suku yang ada di provinsi Papua. Pada bulan Desember 2013, Pemerintah mendirikan sebuah Museum Noken yang terletak di Jayapura.

Dalam memaksimalkan fungsi museum tersebut, maka harus diperlukan konsep tata pamer yang baik, sehingga Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menyelenggarakan sebuah pengkajian desain tata pamer obyek. Kegiatan yang dilakukan di Museum ini meliputi pengumpulan data, seminar kajian, finalisasi kajian, dan juga perencanaan desain tata pamer Museum Noken.

Suka artikel berjudul Noken, Tas Tradisional Khas Papua, Yuk bagikan ke: