Ondel-Ondel, Boneka Besar dari Betawi



Ondel-ondel adalah sebuah boneka besar yang mengenakan pakaian tradisonal Betawi. Pertunjukan Ondel-Ondel umumnya ditampilkan dalam sebuah pesta. Boneka ondel-ondel ini memerankan leluhur yang akan selalu menjadi keturunannya atau anak cucunya. 

Kesenian ondel-ondel ini terbuat dari sebuah bambu yang telah dianyam dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga akan membentuk sebuah boneka besar. Tinggi dari boneka ondel-ondel biasanya 2,5 meter dengan diameter sekitar 80 cm. 

Boneka ondel-ondel ini juga dibuat sedemikian rupa agar pemain yang membawa boneka ini mudah dalam memikulnya. Pada bagian wajah boneka ondel-ondel ini terbuat dari topeng dan pada rambutnya terbuat dari ijuk hitam.

Wajah dari Ondel-Ondel ini ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. Hal tersebut menunjukkan jenis kelamin dari ondel-ondel ini. Untuk ondel-Ondel yang berwarna merah adalah laki-laki, sedangkan ondel-ondel yang berwarna putih adalah perempuan. 

Sebenarnya kesenian ini tidak hanya terdapat di Betawi saja, namun di daerah lain juga ada kesenian ondel-ondel ini. Hanya saja perbedaannya hanya dalam penyebutannya saja. Di Pasundan disebut dengan Badawang, Di Jawa Tengah disebut dengan Barongan Buncis, sedangkan di Bali disebut dengan Barong Landung. 

Kesenian ini diduga telah ada sejak sebelum agama Islam tersebar di pulau Jawa. Pada awalnya, kesenian ondel-ondel ini untuk penolak bala dari gangguan roh-roh jahat yang gentayangan. Namun, saat ini kesenian ondel-ondel ini dijadikan sebagai sebuah hiburan tradisional yang menarik dan masih dapat bertahan hingga sekarang.

Suka artikel berjudul Ondel-Ondel, Boneka Besar dari Betawi, Yuk bagikan ke: