Pantai Aia Manih Malin Kundang di Ranah Minang



Pantai Aia Manih ialah Objek Wisata Favorit di Kota Padang. Legenda Malin Kundang yang akan menyapa pelancong saat kakinya menginjaki di pasir berwarna coklat keputihan ini, ada sebuah batu dan juga relief cerita Malin Kundang yang menghiasi kawasan wisata pantai aia manih yang dipadati pengunjung di waktu liburan. Tak jarang juga, kalangan muda-mudi yang ada di Kota Padang juga memanfaatkan Pantai Aia Manih ini sebagai tempat perkemahan. Debur ombak yang bergulung di daerah tersebut juga bisa dimanfaatkan para peselancar untuk berselancar. Akses untuk menuju kawasan wisata Pantai Aia Manih ini bisa dituju dari beberapa arah. Pantai aia manih yang terletak di Kecamatan Padang Selatan tersebut, dapat ditempuh dengan perjalanan darat yakni sekitaran 30 menit dari pusat kota.

Konon kabarnya, batu besar yang terletak di pantai ini tersebut merupakan kapal besar dan juga jasad Malin Kundang yang telah terdampar. Menurut legenda rakyat padang, Malin Kundang dan juga kapalnya dikutuk menjadi batu dikarenakan kedurhakaannya pada orang tua khusnya kepada ibu. Pantai landai nan luas di wisata Pantai Aia Manih ini memberikan lokasi bermain untuk para pengunjung. Bahkan di saat air laut pasang surut, pengunjung juga bisa melihat biota laut yang akan menyembul ke permukaan laut. Dengan berjalan kaki, pengunjung pun bisa menuju sebuah Pulau Pisang yang Kecil yang berada tak jauh dari tepian Pantai Aia Manih ini. Pulau yang tak begitu luas itu, dapat dijadikan tempat peristirahatan sejenak dan bisa sambil menikmati bekal makanan yang sudah dipersiapkan.

Pantai Aia Manih

Pulau Pisang Kecil ini dihiasi dengan pohon Jambu Kaliang yang dapat dinikmati para pengunjung secara gratis. Tapi ingat juga, jangan terlalu lama untuk menikmati suasana di pulau pisang tersebut.  Karena, berselang beberapa jam kemudian, air laut akan pasang yang akan berangsur-angsur naik seperti sediakala sehingga untuk akses menuju Pulau Pisang Kecil tidak bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki. Dari kawasan di Gunung Padang pun, para wisatawan pun dapat menempuh Pantai Aia Manih dengan cara berjalan kaki. Jalur tersebut cukuplah melelahkan  akan tetapi memberikan pengalaman berpetualang yang sangat menyenangkan. Sejumlah penginapan atau (homestay) dapat ditemui di Pantai Aia Manih ini bila pengunjung ingin menghabiskan malamnya di kawasan wisata tersebut.

Suka artikel berjudul Pantai Aia Manih Malin Kundang di Ranah Minang, Yuk bagikan ke: